Rasane ilat & sirah koyo diperes! ;)

yellInget waktu mau nabung buat nyusul isteri ke Australia awal-awal tahun 2005: nekat madetin jam ngajar, sampe-sampe ngajar dari jam 7 pagi sampai jam 5/6 sore hampir setiap harinya. Badan rasanya lelah kaya’ diplorotin, lidah kelu, ludah pahit, kepala puyeng, otak keset! tapi lidah kudu terus ngomong, badan harus tegak berdiri, suara harus terus bersemangat:)

Hari ini, pengalaman serupa rasanya sedikit terulang namun dalam konteks yang beda bahkan lebih ‘nekat’. Dengan pertimbangan tetep pengin ngajar namun masih bisa mencapai target research PhD, alhamdulillaah akhirnya saya memutuskan ‘memadatkan’ jam ngajar saya di Flinders Uni. hanya Rabu dan Kamis, 2 kelas saya lepas, jadi Senin, Selasa dan Jum’at saya HARUS focus research! ..Rabu dan Kamis,  ‘nekat’ memulai jam ngajar dari jam 8 dan rampung sampai jam 3 sore (Kamis), jadinya jam 7.15 saya harus sudah berangkat mengantar anak2…

Hari ini..pengalaman lama terulang rasanya. Jam 8 pagi mulai saya ngomooooong di kelas melayani students yang datang silih berganti. Jam 10, kelas pertama selesai. Jam 11, kelas ke-dua datang…ngoceh lagi hilir mudik melayani mahasiswa menjawab setiap pertanyaan dan masalah, jam 1 siang selesai. Nggak sempet makan siang, kelas ke-3 hari ini masuk lagi, terpaksa saya pergi keluar sebentar sekedar makan separuh Pear yang masih tersisa. Huuuuuh…lidah ini rasanya kelu, otak ini kembali rasanya keset. Lebih gila lagi semua harus saya obrolin in ENglish!!!..mboooh! otak udah lelah, telinga udah merah, baju bagus udah mulai sedikit kumel dan bau..semua omongan mahasiswa rasanya masuk telinga saya begitu aja. Saya biarkan otak saya mencernanya apa adanya, nggak ada lagi usaha ekstra untuk memahaminya…wis pokoknya terserah otak dan lidahku memahami dan menjawabnya :)) … ha…ha..ha….Lha wong nekat ngajar panjang kok dalam bahasa English! 🙂

Namun…Alhamdulillaaah, rasanya tiada apapun terjadi tanpa kuasa Alloh didalamnya. Rasanya otak dan telinga lelah ini Alhamdulillaah masiiih saja bisa memahami setiap pertanyaan yang ada dan menjawabnya semampunya…rasanya semua pertanyaan terjawab, dan semua mahasiswa terlayani. Alhamdulillaah, La Khaula Wa La khuwata ila billaahu!

Di akhir hari ini, jam 3 pm, saat menyetir menjemput anak-anak saya, tersenyum saya dimobil..hmmm…rasanya saya baru saja selesai “Fitness” Otak dan Lidah :)) … Alhamdulillaaah…wis ra popo, diniati Fitness wae sambil dapet ilmu, skills, mental dan honor secukupnya. Semoga ini pendidikan dan latihan Alloh bagi hamba, amiin.

Leave a comment