Alhamdulillaah, lembar kisah Adelaide ini selesai juga :)

April 2005, pertama kali kaki ini menapak bumi Australia,
pertama kalinya seorang laki-laki berbalut jaket tebal mengendong anak 1 tahun 8 bulan berhadapan dengan aturan Custom Australia yang begitu ketat,
pertama kalinya diri ini membuka Bab baru Kisah Hidup & Mimpi di Australia.

Kini February 2012…Alhamdulillaaaaaaaaah semua berkat pertolongan Alloh jua, Chapter hidup di Australia ini rasanya akan saya tutup…Alhamdulillaaaah Alloh masih mengijinkan saya membuka Chapter baru perbaikan diri & kemanfaatan hidup berikutnya.

Bismillaaahirrohmaanirrohiim: besok pagi-pagi dini hari insyaAlloh pesawat Virgin Blue akan membawaku kembali ke Indonesia menuju tanggungjawab & kesempatan hidupku berikutnya.

Kepada semua kawan, sahabat, tetanggaku di Adelaide dan South Australia..terima kasih atas kebersamaaan kita, silaturahmi kita, mohon maaf atas semua kesalahan dan kekhilafan kata maupun sikap saya (Tony Dwi Susanto), isteri saya (Uning Marlina) dan Anak-anak saya (Mulia Pratama & Makna Alam Pratama). Semoga Alloh mengampuni dosa-dosa saya dan senantiasa menjaga silaturahmi kita. Jangan lupa, jika ada di antara teman-teman/sahabat yang berkunjung ke Surabaya, ada saya di sana..silahkan jangan sungkan untuk mencontact saya 🙂

Berikut beberapa tulisan hikmah & ni’mat Alloh selama kami di sini:

1. Mengapa kami Pulang ke Indonesia?
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2010/09/06/mengapa-kami-memilih-pulang-ke-indonesia/

2. Saat berjauhan dengan keluarga:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2010/07/23/memulai-hidup-berjauhan-dengan-keluarga/

3. Catatan 3/4 PhD saya:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2010/05/19/%e2%80%9cdear-why-do-we-choose-this-hard-way-than-the-easier-way%e2%80%9d-catatan-%c2%be-perjalanan-phd-saya/

4. Kebebasan mimpi:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2009/08/10/kebebasan-mimpi/

5. Catatan 1/2 perjalanan PhD saya:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2009/06/12/isteriku-ini-perjalananmu-juga/

6. Kena Denda Double Parking:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2009/06/05/double-parking-mahalnya-sebuah-pengetahuan/

7. Darwin’s project:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2009/05/20/darwin-another-milestone/

8. Isteriku, mimpimu mimpiku juga:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2009/01/24/sayankmimpimu-adalah-mimpiku-juga/

9. Magang kerja di South Australia:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2008/12/16/pengalaman-magang-di-departemen-pemerintah-australia/

10. Denda parkir:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2008/09/05/akhirnya-dapet-surat-cinta-juga-parkir-melebihi-batas-tanah-aja-di-denda-lho/

11. di STOP Polisi Australia (1):
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2008/05/21/pengalaman-pertama-di-hentiin-mobil-polisi-australia/

12. di STOP Polisi Australia (2):
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2008/06/30/pengalaman-kedua-dihentiin-polisi-australia/

13. Beli Sepeda Motor di Australia:
https://tonydwisusanto.wordpress.com/2008/06/16/beli-naik-motor-baru-di-luar-negeri-alhamdulillaah/

Advertisements

Milih Minuman KOPi…jangan salah lagi! :)

Gara-gara 3x saya salah milih minuman coffee…mangkanya siang ini saya sempatin nulis di blog ini tentang macem2 jenis minuman kopi!!!
:)) memang manusia mudah lupa…2x kesalahan saat mesen copy di Castricum-Netherlands, sambil nunggu temen saya pesen coffee “Espresso Double”. Ternyata isinya cuman dikit, sepertiga cangkir kecil, kopi murni, paaiiiit bianget cuman dikasih 1 permen buat pemanis lidah :))
Karena masih musti nunggu, saya pesen lagi yang “Espresso” aja..mikir saya nih pasti 1 gelas gedhe dan manis…eeeeh ternyata sama dikit dan pait :))
Siang ini di library Flinders uni. saya pengin banget minum coffee, saya pesen lagi di cafetaria library…wuah jian lupa saya, di list atas ada tulisan “Espresso” saya pesen lagi….wuph!! dasar masak jadi kebo sih masuk lubang lumpur sama 3x!!! :)) Habis duwit banyak, nggak enak minumannya, tapi nggak belajar dr pengalaman 🙂 Mudah2an siang ini titik balik nggak salah lagi!!! 🙂

Benernya aku pengin Coffee itu lho yang manis, berbuih, dan ada coklat di atasnya spt yg biasa aku beli di bandara. Coffee apa ya namanya?
Yach ini aja dech jenis2 coffee, saya mulai dari FAVORITE saya dulu biar nggak lupa! 🙂

1. “Cappuccino”

Cappuccino usually consists of equal parts espresso, steamed milk, and frothed milk. All this makes the coffee taste more diluted and weaker. Some coffee shops will sprinkle cinnamon or flaked chocolate on top and other will add more milk than others. All shops make some variance to suit the taste of regular customers.

2. “Dry Cappuccino”

This is a regular cappuccino but without steamed milk and small amount of foam. Continue reading

“Bisul” Eropa itu telah pecah!..Alhamdulillaah

MENGAPA MELAKUKAN PERJALANAN?

Setidaknya ada 6 alasan, kenapa saya yang dulunya memilih kuper dan ngendon di rumah kini seakan suka melakukan perjalanan:

Alasan pertama: karena agama saya (Islam) menyuruh saya untuk melakukan safar, melakukan perjalanan. Al Quran memerintahkan saya untuk melakukan perjalanan di muka bumi, tidak hanya berdiam diri di rumah atau di kota tempat tinggal saya!

Bergeraklah, beranjak dari tempatmu. Keluarlah dari rumah. Susurilah permukaan bumi. Sungguh Continue reading

Jangan “Goda” kami!

Memang sudah menjadi nature manusia:

bahwa manusia memiliki sifat dasar suka memamerkan apa yang dia punya (yg tidak dimiliki orang lain)

bahwa manusia memiliki sifat dasar ingin tahu

bahwa manusia memiliki sifat dasar suka membandingkan dirinya dengan orang lain..

bahwa manusia memiliki sifat dasar tidak bersyukur dan tidak pernah merasa cukup

Masih ingat kisah anak kecil gundul yang membawa ayam goreng, ayam bakar, ice cream, ice teler, anggur, dan satu tas besar penuh makanan ke sebuah kampung di bulan Puasa?
Anak kecil gundul yg cuman bercelana pendek, nggak pake baju, dengan lahapnya memakan semua makanan lezat sambil jalan-jalan di depan orang-orang kampung yg sedang berpuasa di siang hari yang bukan main panasnya. Ice creamnya dimainkannya, ayam bakar dimakan pelan-pelan, nasi wangi yang nggak habis dihamburkannya di depan orang-orang.

Marah? tentu..orang-orang kampung yang sedang berpuasa itu.

“Oi….Bocah Edaaan!!…dasar nggak tau sopan santun…bener2 nggak beriman kamu ya!!..tau bulan puasa, orang-orang puasa semua, kok Makan Minum di depan kita??!!!..DOSA BESAR kamu!…dirajam kamu di neraka!!”

Dengan santainya si bocah gundul tadi malah Continue reading

Cek Nota Belanja kamu!

Alhamdulillaah, siang ini sy dapet pengalaman bagus yg mungkin bermanfaat buat temen2 lain.

Siang ini saya belanja di Foodland..didepan saya ada cewek Ausie yg udah masukin barang dikasir. Saat dia mau bayar, ternyata ATM dia nggak cukup. Akhirnya belanjaan dikembaliin ke kasir.

Berikutnya, tentu giliran saya yang dilayani si Kasir. Somehow, sepertinya si Kasir lupa me-reset atau men-delete daftar/bill belanjaan dari “pembeli yg nggak jadi beli” sebelum saya. Hasilnya nota bill saya sangat gedhe..hampir 1,5 kali lipat dr rata2 saya belanja.

jadi Warning 1: Jika anda menemukan tagihan belanja anda jauh lebih tinggi dari total biasanya anda belanja, jangan malas untuk membaca list item di nota receipt belanjaan anda: adakah barang yang tidak anda kenal atau anda tidak merasa membelinya??!

Untungnya saya nemuin Continue reading

Ketika Jiwa itu memanggil

Habis nonton Sheila on 7 di Adelaide Minggu siang ini…menyaksikan orang2 didepan panggung menjerit histeris, melihat Duta, Eros, Adam, dkk menikmati bener diatas panggung…..suasana entertaiment…”orgasme” di atas panggung…tiba-tiba memanggil jiwa saya yang kurang lebih 11 tahun lalu saya coba matikan. 11 Tahun lalu…saat saya memutuskan menjadi dosen dan meninggalkan secara pelan-pelan dunia lawak, MC, TV dan radio. Meninggalkan lingkungan dan teman-teman entertainment, melupakan pencapaian-pencapaian entertainment saya, mencoba melupakan bahwa saya memiliki jiwa hiburan…demi memulai dari titik awal perjalanan sebagai seorang akademisi.

Inilah diri saya….
Saya hanyalah Continue reading

Bedanya Anak orang Kaya & Dokter Berpengaruh ama Bukan siapa-siapa: Pengalaman Nyekolahin Isteri Spesialis

Jelas beda!!!

Kalo kamu anak orang kaya…enak banget kamu cuman tinggal minta ke orang tuamu

kalo kamu anak dokter yang punya pengaruh, bapak/ibu kamu yang bakalan ngasih jalan dan temen2 dia yg bakalan segan kalo nggak nglolosin kamu

bagi kami, yang bukan siapa-siapa ini semuanya serba Berjuang…

Saat Test, kami benar-benar berjuang

Saat membayar uang muka spesialis yang sangat Mahal, kami sangat berjuang

Saat menjalani sekolah, kami terus berjuang setiap harinya..

Saat harus membayar uang semesteran, uang bulanan, buku, bahkan uang operasional Harian….saat ini kami terus Sangat Berjuang

Entahlah…tulisan ini saya buat, masuk ke semester II isteri saya mengambil spesialis Obsgyn…dan tetap Alhamdulillaah Alloh mengaruniakan kami pengalaman proses yang sedemikian “indah” ini….

InsyaAlloh saya yakin: Alloh yang ngasih spesialis isteri saya, Alloh yang nyuruh isteri dan anak-anak saya pulang duluan, Alloh yang ngasih beasiswa PhD saya, Alloh juga yang akan memelihara kami dan memenuhi kebutuhan kami sampai isteri selesai spesialis 4 tahun ke depan nanti.

Bismillaaaah…La khaula wa la khuwata illa billaahu
Sepenggal kisah seorang suami yang berjuang belajar seorang diri dan isteri dengan 2 anak yang juga sangat berjuang di kota baru tanpa sanak saudara, hanya Alloh penjaga kami.