Cek Nota Belanja kamu!

Alhamdulillaah, siang ini sy dapet pengalaman bagus yg mungkin bermanfaat buat temen2 lain.

Siang ini saya belanja di Foodland..didepan saya ada cewek Ausie yg udah masukin barang dikasir. Saat dia mau bayar, ternyata ATM dia nggak cukup. Akhirnya belanjaan dikembaliin ke kasir.

Berikutnya, tentu giliran saya yang dilayani si Kasir. Somehow, sepertinya si Kasir lupa me-reset atau men-delete daftar/bill belanjaan dari “pembeli yg nggak jadi beli” sebelum saya. Hasilnya nota bill saya sangat gedhe..hampir 1,5 kali lipat dr rata2 saya belanja.

jadi Warning 1: Jika anda menemukan tagihan belanja anda jauh lebih tinggi dari total biasanya anda belanja, jangan malas untuk membaca list item di nota receipt belanjaan anda: adakah barang yang tidak anda kenal atau anda tidak merasa membelinya??!

Untungnya saya nemuin 1 item Daging..Beef..jelas sy nggak beli beef di Foodland. langsung saya dateng lagi ke kasir yg tadi nye-scan. Ama kasir tadi saya di forward ke kasir lain yang nganggur. Awalnya ama kasir yang ini saya disuruh ngeluarin semua belanjaan (kaya’nya di rencana mau scan ulang). Tapi begitu tau belanjaan saya banyak dia terus berubah pikiran, “mana sih yang kelebihan?”..saya bilang “cuman beef ini”…”ya udah saya refund aja” ($6.55) katanya. Akhirnya saya masukin barang2 belanjaan saya lagi ke tas dan troli (wuaduuuuh).

Sampai di mobil saat mau masukin barang, perasaan saya curiga..jangan2 nggak cuman beef…terus saya lihat lebih detail lagi list barang di receipt saya. Ya Alloh, saya nemui 9..iya SEMBILAN items yang saya nggak kenal dan saya nggak beli. AKhirnya saya balek lagi ke atas. Saya bingung mau complain ke kasir yang mana lagi sekarang?🙂

Untuk ada seorang kasir (yang keliatan senior) lihat saya nyoret-nyoret receipt. Akhirnya saya ceritain ke dia situasi belanjaan saya. Dia panggil kasir yang salah tadi, kasir yang salah tadi lagi2 minta maaf ke saya. Kasir senior menghitung lagi kelebihan barang terus merefund ke saya ($26.50) dan minta maaf lagi, dia pesen lagi kalo saya nemuin item yg belum di refund telepon dia.

Saya puas..terus turun mau ke mobil sambil mbaca list receipt..we la da la…ada 1 item lagi yang terlewat. Balek kanan troli saya dorong naik escalator lagi nemui kasir senior yang sama. “You find another one?”…ya jawab saya..”I think this is the last one”. Dia langsung refund ke saya lagi $ 4.49…..

(Total sekitar $37.50 saya hampir dirugikan)

Wah..waaah,,,kesel saya hari ini bolak balik take much time & energy …cuman Alhamdulillaah semuanya terselesaikan dan saya dapet hikmah pengalaman ke-hati-hatian belanja dan merefund belanjaan yg kelebihan.

Jadi: Cek list item dan harga di Receipt belanjaan anda karena seringkali ada item yang ter-scan double atau lebih dari 1x atau ada item yang tidak anda beli.

Mudah2an menjadi pelajaran temen2 juga

Leave a Reply

