2010 dan 2011

Baru aja disadarkan seorang sahabat yg begitu konsisten mengevaluasi waktunya setiap akhir dan awal tahun. Ya Alloh, mestinya saya sebagai seorang muslim musti lebih sadar betapa berharganya nikmat waktu yang ENgkau karuniakan. Bukankah ENgaku si Pemilik Waktu pun telah bersumpah atas nama waktu “Demi Waktu…sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam Kerugian, kecuali orang-orang yang BEriman dan Beramal Sholeh dan nasehat-menasehati dalam Kebenaran dan nasehat-menasehati dalam Kesabaran”(QS. Al Asr).

Sungguh Waktu adalah modal yang Engkau karuniakan, sebuah modal yang selalu terkikis habis setiap detiknya, dipakai ataupun diabaikan. Namun seringkali hambaMu ini mengabaikan bahkan menyia-nyiakannya, untuk mengevaluasinya saja sering saja hamba terlupa.

Tahun 2010….apa yang telah hamba lakukan? apa yang telah hamba capai? dan apa prestasi istimewa apa yang berani & berhasil hamba raih?

Alhamdulillaah tahun 2010 adalah Tahun ke-3 PhD candidature hamba…
Tahun 2010 juga tahun “Keputusan Besar” bagi keluarga saya, menyusul keputusan PNS saya di akhir tahun 2008.
Tahun 2010 adalah tahun di mana Saya dan Isteri saya memutuskan untuk berjauhan secara fisik untuk memulai mimpi keluarga kami lebih awal…
baiklah, saya akan coba mendetailkannya dalam satuan bulan agar saya bisa mengevaluasi apakah saya telah memanfaatkan setiap kesempatan waktu bulan seefektif mungkin atau tidak:

January 2010: …bisa dibilang bulan ini tidak ada yang istimewa, bulan ini sepenuhnya saya pergunakan untuk menyiapkan Questionnaire saya yang masih kacau-balau, plus masih kerja sebagai tutor buat SLC. DIbulan ini saya, isteri, dan kedua anak saya masih berkumpul bahagia di Adelaide.

February 2010:…saya semakin panik, Questionnaire saya belum jadi, versi pertama sudah saya coba..versi ke dua saya coba lagi secara  online..hingga akhirnya isteri memaksa saya menemani ia dan ke dua anak saya untuk balek ke Indonesia berkunjung ke orang tua, sekaligus mencoba ikhtiar tes masuk spesialis isteri saya dan publikasi saya di international conference di ITB plus mengumpulkan data plus ikhtiar pra-jab PNS

Maret 2010: Nekat..kami balek ke Indonesia meski questionnaire saya masih belum jadi…Bulan ini adalah bulan dimana saya dipaksa untuk bekerja extra keras nekat tanpa malu karena dibulan ini pula di Indonesia saya memaksa diri saya menyelesaikan questionnaire saya sekaligus menghubungi teman-teman saya untuk data collection di universitas-universitas mereka. Itupun saya masih mendesign acara yang “laku”untuk survey saya. Jadilah saya menawarkan acara “Kuliah Umum Adopsi Teknologi dan Rahasia Meraih Beasiswa ke Luar Negeri”yang ternyata malah laku keras sampai2 saya menolak beberapa peluang acara.

April: Di sela-sela menemani isteri saya tes Spesialis di Unair Surabaya, kami jalani sebuah episode yg belum pernah saya jalani sebelumnya..kami kost berdua di Karang Menjangan, sebuah kamar sempit sederhana untuk bertahan tidur sambil menjalani tes-tes spesialis isteri saya dan basecamp saya selama ke ITS mengurus data collection. Di bulan ini pula, Alhamdulillaah Alloh menunjukkan jalan kepada saya untuk Nekat menghubungi Pusdiklat Sawangan meminta Prajab dipercepat meski dengan konsekuensi biaya sendiri. Alhamdulillaah akhirnya saya berangkat ke NTB, disela-sela acara seminar di Surabaya dan Yogya yang musti saya isi. 2 Minggu saya para-jab di NTB dan alhamdulillah another manfaat sebagai Ketua Senat. Semuanya lancar, sebuah syarat administratif PNS saya telah saya penuhi. Di bulan ini pula sebuah “cobaan & hikmah”Alloh karuniakan kepada kami😦

Mei: Balek ke Yogya, another seminar di Solo untuk data collection saya dan langsung publikasi saya di ITB. Masih di bulan yang sama saya ikhtiar untuk publikasi survey online saya. Masih saya menjalani kemanfaatan saya bagi keluarga saya. Bulan ini pula keputusan besar terjadi, isteri saya Alhamdulillaah diterima di spesialis obsgyn di Unair, sebuah pilihan yang sebenarnya “mustahil” untuk orang biasa seperti kami. Di bulan ini pula isteri saya menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai peneliti di Flinders dengan sekali lagi melakukan rapat terakhir proyeknya di New Zealand, ndak mengapa yg terpenting semua harus diakhiri dengan baik dan tanggung jawab. Bulan ini pula, Alloh berikan petunjuk bahwa sakit punggung isteri saya ternyata memang sesuatu yang bener2 butuh perhatian dan terapi serius. ANother tanggung jawab & kemanfaatan saya sebagai suami memanggil, alhamdulillaah.

Juni: Bulan ini lebih banyak saya habiskan untuk mengejar-ngejar entry data dan menjalani kemanfaatan saya sebagai anak plus mencarikan rumah buat anak dan isteri saya dan sekolah untuk anak2 saya di Surabaya plus mencarikan 2 pembantu. Bulan ini cukup repot, dan hanya berkat rahmat dan kemudahan Alloh saja semua dapat tercapai. Jangan tanyakan berapa uang yang harus kami keluarkan bulan ini🙂 ALhamdulillaah, Alloh masih selalu mencukupinya.

Juli: bulan ini adalah bulan dimana saya harus meninggalkan anak dan isteri saya di kota yang baru tanpa sanak saudara. Sedih…tapi harus kami jalani. Pulang ke Adelaide sepi tanpa isteri, isteri dan anak shock menjalani kehidupan baru tanpa suami dan bapaknya. Tidak mudah rasanya😦

Agustus – September: 2 bulan 5 bab Thesis dapat saya selesaikan, Alhamdulillaah plus saya akhiri data collection saya sekaligus mengundi dan membagikan hadiah survey saya.

October: adalah bulan analisis data saya, saya harus mempelajari sebuah aplikasi dan knowledge baru from scretch..ALhamdulillah akhirnya terpahami

November: data analisis model generic saya selesai, dan persiapan balek ke Indo kangen mengunjungi anak isteri.

Desember: Another publication, meski di seminar nasional…dan terpenting saya memenuhi tanggungjawab saya sebagai suami dan bapak yang tetap harus menjaga anak isteri.

Kalolah boleh kami menyebut Tahun 2010 ini adalah “Tahun Penyelesaian administrasi PNS saya, Tahun Critical PhD saya, dan Tahun dimulainya Perang Puputan keluarga saya”…Kami menyebutnya “Perang Puputan” karena di tahun 2010 ini kami sebagai keluarga akhirnya memutuskan untuk memulai ikhtiar lompatan spesialis isteri saya…kami sebut puputan karena secara jujur financial kami saat ini sepertinya belum memenuhi semua biaya spesialis isteri saya plus biaya2 establishment buat keluarga kami di kota baru tanpa sanak saudara..

Membaca apa yang saya raih dalam tahun 2010 ini..Alhamdulillaahirrobbil alamiin…
Kalaulah saya bandingkan dengan prestasi sahabat saya, rasanya prestasi-prestasi saya masih ‘berkutat’ masalah ‘internal dan stablishment’ keluarga, sementara sahabat saya hampir sebagian besar adalah prestasi nasional dan internasional. Lalu apakah ini berarti sahabat saya Lebih Baik dari saya? entahlah…

Yang terpenting, bagi saya adalah bersyukur Alloh masih senantiasa mengaruniakan keberanian kepada kami untuk ikhtiar melompat. Mudah2an lompatan kami ini tepat dan Alloh karuniakan kemudahan, kelapangan, kesehatan, dan keberuntungan kepada kami. Mudah2an prestasi kami adalah prestasi yang berdimensi kemanfaatan bukan prestasi yang berdimensi individualistis karena rosul kami telah berpesan bahwa manusia yang terbaik adalah manusia yang Bermanfaat bagi Makhluk lain…mudah2an amiin..

Hikmah berikutnya yang saya ingat adalah: perlu bagi saya untuk mendefiniskan dan mengevaluasi setiap pemanfaatan rizqi usia dan kesehatan saya setiap bulannya agar saya insyaAlloh dapat menjadi makhluk Alloh yang Tidak Merugi dan Bersyukur atas karunia waktuNya…amiin

Tahun 2011…Mudah-Mudahan saya mendefinisikan sebagai

* Tahun prestasi Publikasi Journal Internasional (2 Highly Rank Journal)!!!
Tahun pengalaman Publikasi & jalan-jalan ke Eropa!!!
* Tahun Thesis Submission (August masuk Editor)!!! ….also ready as international publication book
* Tahun Modal Boosting post PhD: mb.org + buku mb + buku PSI
* Tahun Modal another 4 years survival and tambahan Haji!!!

Leave a Reply

