Kisah Jeruk Arab (2)

(lanjutan ‘Kisah Jeruk Kecut’)
Marah..ibu yang merasa ditipu pedagang Jeruk dari Madura itu akhirnya berlalu.
Saya lihat dia pergi ke luar pasar menuju pedagang buah keturunan Arab yang biasanya nongkrong dipinggir jalan.
Terlihat jelas ada tulisan besar di atas Jeruk yang dijual pedagang yang bernama Abdul itu “DITANGGUNG TIDAK KECUT”

Seakan tahu kekecewaan ibu yang habis kena tipu pedagang Madura tadi, dengan lincah Abdul menyapa si Ibu itu

Abdul (Pedagang): “Assalamoalaikum Bu…ayo silahkan dibeli jeruknya manis-manis!”

Ibu: “Waalaikum salam Dul!…jeruknya manis nggak nih??!” tanya ibu itu makin sinis

Abdul: “Ibu..ana kalo jual buah pilihan…kalo ibu tidak percaya baca nih ana pasang Tulisan Jaminan!” sambil nunjuk tulisan besar di atas jeruk dagangannya “DITANGGUNG TIDAK KECUT”

Ibu:”ya udah..saya percaya sama ente ya!..saya beli 5 kilo, kasihan anak saya nunggu jeruk manis dari tadi!” kata si Ibu sambil bayar dan berlalu

Kasihan juga ya ibu itu, bisik batin saya sambil mengamati ibu itu berlalu.
Entah kenapa, si Ibu yang sama nggak disangka2 balek ke Abdul si Pedagang buah keturunan Arab tadi dengan muka yang lebih marah lagi, teriak dan kembali melempar tas berisi jeruk 5 kilo yang habis dibelinya:

Ibu: “he arab…ente jangan nipu ane ya!….ente bilang jeruk ente manis…ente bilang ente berani jamin??!” kata si ibu tadi sambil terus marah nggak berhenti

Abdul (Si Pedagang Jeruk): “looh bu’..mana ane kasih jaminan kalo jeruk ane manis??” katanya membela diri

Ibu: “heh..ente jangan ngelak ya!!..tuch tulisan besar di atas jeruk jualanmu…nih bilang ‘DITANGGUNG TIDAK KECUT’!” merasa diatas angin si Ibu tambah marah

Abdul dengan santai menjawab: “oooo…kalo itu ente yang salah ngerti Bu!”

Ibu: “Salah ngerti gimana?? Jangan bikin saya tambah emosi ya!”

Abdul: “ente tahu ane dari mane?”

Ibu:”dari Arab”

Abdul:”nah…kalo Arab bacanya dari mana ke mana?”

Ibu: “dari kanan ke kiri”

Abdul:”naah jadi tulisan jaminan saya ini udah bener..bacanya dari kanan ke kiri: KECUT TIDAK DITANGGUNG!!”

Ibu: %$#@&*(&%$#??!!!! (Pingsan, tensinya naik drastis 2x kena tipu)

(bersambung ‘Anak Teliti Beli Jeruk’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: