Ringannya Berbuat Dosa

Kalo saja sore itu kami tidak ngobrol terbuka, maka bisa dipastikan saya akan terkecoh dengan penampilannya yang alim, “cerdas”, & “kritis”. Namanya saja sudah memakai nama depan M belum lagi nama dibelakangnya yang berarti ‘alim’ semakin meyakinkan saya bahwa teman baru saya ini benar-benar manusia yang alim. Wajahnya yang putih dan serius, bahkan pada awal-awal perkenalan kami senyumnya terasa mahal, dengan kacamata diturunkan sedikit setiap kali bertanya dikelas, semakin membuat saya terkesan teman saya ini benar-benar cerdas.

Namun malam itu, dengan semangat dan bangga dia bercerita tentang kehidupan malam di daerah kami. Detail dia membahas perbedaan tiap-tiap tempat hiburan dan wanita-wanita di dalamnya. Bahkan dengan ‘bangga’ dia bercerita bagaimana dia sering menghabiskan masa lalunya dengan men-‘charge’ dengan waitress ataupun PSK. Berzina (dalam bahasa dia ‘men-charge’) sebelum mengajar, bahkan ‘berzina’ meski telah beristeri. Ringan dia menawari saya, seandainya ada kesempatan dan saya bersedia, akan dia temani saya ke tempat-tempat hiburan yang menawarkan ‘kenikmatan’ dosa sangat besar dan tak terampuni itu.

Malam itu, Alloh memberikan sebuah hikmah:
– betapa penampilan luar tidak selalu mencerminkan kebersihan/keimanan seseorang
– betapa RINGANnya dosa-dosa BESAR bahkan bagi orang yang berpendidikan tinggi dan bernama Islam
– betapa RINGANnya orang mengajak kepada DOSA
– betapa berbahayanya Bergaul Dekat dengan Orang yang Terbiasa Berbuat Dosa Besar, seperti Nasehat Nabi “Jikalah kita dekat/bergaul dengan Penjual Minyak Wangi maka kita akan terkena Wanginya, dan jika kita dekat/bergaul dengan pande besi maka kita akan terkena Baranya”. Boleh mengenal, tetapi waspada untuk tidak bergaul dekat. Yang saya rasakan betapa Nilai-Nilai Kebenaran dan Ketakutan kita akan Dosa-Dosa Besar ini tiba-tiba serasa hilang manakala teman kita melakukannya tanpa sama sekali merasa berdosa.

Ya Alloooh, hamba tahu hambapun telah banyak berbuat dosa, maksiat dan kedzoliman, namun Alhamdulillaaaah ya Alloh senantiasa Engkau jaga hati ini, Engkau jaga iman hamba kepadaMu, Engkau jaga tata nilai & ketakutan akan dosa di hati hamba.

Ya Allooh, hambaMu ini memang jaaauh dari sempurna, namun hanya karena perlindungan, cinta, dan sayangMulah hambaMu ini mampu melewati kehidupan entertainment dan berbagai kehidupan dan banyak lingkungan dengan tetap terjaga iman dan tata nilai amal dan ketakutan dosa kepadaMu.

Satu yang hamba mohon ya Alloh: mohon senantiasa Engkau tunjukkan kepada hamba bahwa yang BENAR itu BENAR dan berilah hamba kekuatan dan kemudahan untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada hamba bahwa yang SALAH itu SALAH dan karuniakanlah hamba kekuatan dan kemudahan untuk MENJAUHInya. Amiiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: