Memberi MANFAAT

malam ini habis pulang dari pengajian….
ada sebuah point (dr banyak points) yang nyangkut di benak saya:
bahwa hidup saya di dunia fana ini hanyalah sebentar dan dunia ini hanyalah alam ke-3 dari 5 alam yang insyaAlloh saya yakini akan saya jalani (Alam Ruh –> Rahim –> Dunia –> Barzah/Qubur –> Akherat).
Lalu alasan apa yang membuat saya hidup di dunia ini? Apa ‘fungsi’ tubuh/jazad dan ruh ini bagi alam ini? dan apa hubungan kehidupan saya di alam ini dengan 2 alam yang insyaAlloh akan saya jalani berikutnya?

Hidup di dunia yang sudah hedonisme kaya’ gini (entah di Australia apalagi di Indonesia), di mana harga diri diukur dari apa yang saya kendarai? harga diri dan prestasi dibicarakan dari apa yang sudah bisa saya beli? harga diri dan penghormatan berdasarkan kecil/besar jelek/mewahnya rumah yang saya miliki? harga diri dan penghormatan berdasarkan gelar yang saya cantumkan di nama saya…..
Mau tidak mau, suka tidak suka, disadari ataupun tidak, perlahan tapi pasti kita pasti ‘menuruti’ parameter lingkungan kita karena jujur saja secara alami kita nggak bakalan tahan direndahkan orang lain😦

Namun sayangnya…tindakan menunjukkan diri dengan sisi duniawi meski dilandasi motivasi agar orang lain tidak merendahkan kita makin lama (tanpa kita sadari) telah merubah jiwa kita, hingga tak terasa kitapun seperti kebanyakan manusia saat ini yang melihat dan menghormati seseorang dari penampilannya.
Masih sering saya ‘senyum kecut’ mengingat seorang saudara harus membangun rumah bagus dan berhutang membeli mobil saat dia diterima sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi, hanya gara-gara ‘paksaan’ agar staf lain tidak merendahkan dia! Masih ingat dalam benak saya, bagaimana seorang atasan saya entah bagaimana memiliki mobil lebih dari satu dan semuanya di atas ratusan juta (padahal saat itu kalo dinalar dengan gaji yang diterima nggak mungkin bisa membeli, apalagi beliau bukan tipe orang yang ubet dengan proyek)….beliau2 berlomba2 berusaha keras ‘menampilkan diri’ sebagai orang yang ‘LEBIH’ dan HARUS DIHORMATI dengan memakai ‘kosmetika’ materi….

Ya Alloh, Saya…TIDAK ingin seperti itu!!! ..masih ingat dalam ingatan saya, bagaimana saya dengan cuek memakai motor Bapak saya yang Plat Merah ke kantor saya meski saya sudah dosen…bahkan yang jauh lebih parah, saya masih inget dengan cueknya saya mengendarai motor ‘bakulan’ ibu saya Honda Merah butut ’80 ke tempat saya mengajar di Sekolah Bisnis Salemba Yogya hingga saat mau pulang tiba2 seorang mahasiswa nyelentuk “Pak, habis dari Pasar ya? itu kok ada kacang panjang di knalpot??!”πŸ˜‰ Ha…ha…ha.. dasar Anak Bakul yang Nggak Tahu Malu!!! ….”Gitu aja kok repot?!”begitu nasehat Gus DurπŸ™‚ Kalo emang saya anak Bakul terus ngapain?? :)) Saya malah bangga, lha wong meski ibu saya Bakul bisa mendidik anaknya sampai bisa ke luar negeri berkali2πŸ™‚ lha kalo saya anak orang kaya raya ya..biasa aja….

Saat ini yang saya renungkan adalah: mengevaluasi dan meluruskan motivasi/niat tentang apa yang akan saya kerjakan di sisa waktu hidup saya?
Masih banyak mimpi yang ingin saya raih: saya ingin menulis buku2, saya ingin mengembangkan pusat studi, saya ingin aktif dalam proyek IT di Indonesia dan dunia, saya ingin aktif bersosialisasi dalam organisasi profesi dan sosial dunia dan nasional,Β  saya ingin naik haji, saya ingin mendirikan dan mengembangkan bisnis, saya ingin ……..dst
Semua mimpi2 ini insyaAlloh baik, hanya yang butuh saya renungkan dan ingatkan terus ke diri saya adalah: Untuk apa saya mau men-devote kesempatan umur dan kesehatan saya untuk hal-hal itu?? Karena seperti nasehat dalam agama saya “Innama a’malu binniat” – Sesungguhnya nilai setiap amal adalah dari NIAT!

Pengajian malam ini..dan renungan malam ini membawa sebuah kata hinggap di hati saya: “MANFAAT”!
Bukankah Rosululloh sudah menasehati kita bahwa fungsi keberadaan setiap manusia di dunia fana ini mestinya menjadi seorang yang ‘Rahmatan Lil Alamiin’..seseorang yang bisa menjadi Rahmat bagi Semesta Alam, bukan hanya kepada manusia muslim bahkan bukan hanya kepada manusia saja tetapi kepada semua makhluk di jagad rata tak terbatas ini!
Sebuah misi kemanfaatan..dalam ke-SINGKAT-an hidup kita, dalam keLEMAHan jasad kita, dalam keLABILan hati dan jiwa kita, ALLOH memberikan petunjuk (dalam bahasa saya:) “Hei Tony jadilah makhluk yang berMANFAAT!!…seberapa tinggi Derajat saya dihadapan Pencipta saya kelak insyaALLOH akan tergantung seberapa MANFAAT saya buat kehidupan di dunia ini??!”…Hidup cepat lambat pasti berhenti, Jasad cepat lambat akan sakit dan mati..lalu siapa yang menemani saya di alam kubur yang gelap dan sempit???😦 …hanya AMALAN saya…hanya AMALAN saya…hanya AMALAN saya!!! Alloh (yang Maha Benar dan Maha Menepati Janji) telah berjanji lakukan 3 Investasi didunia ini yang akan menemani saya di Alam Kubur dan di Akherat nanti:
1. SHODAQOH Jariyah!
2. ILMU yang bermanfaat!
3. Didiklah Anak-anak kita agar menjadi ANAK SHOLEH yang banyak berbuat sholeh dan mendoakan kita selalu!

Mengapa saya ingin menulis buku (dan harus menyediakan waktu & energi untuk menulis BUKU)? karena inilah insyaAlloh keMANFAATan diri fana ini sekaligus INVESTASI saya kepada Alloh dialam kubur dan akherat saya nanti!!!

Mengapa saya harus segera memulai dan konsisten berusaha keras mendidik dan merawat Anak-Anak saya? karena merekalah INVESTASI saya kepada Alloh di alam kubur dan akherat saya!!!

Mengapa saya harus meluruskan niat dan berusaha keras berShodaqoh Jariyah? karena hanya harta yang dishodaqoh-kan inilah yang sebenarnya sampai ke jiwa saya dan terus menemani saya di alam kubur dan diakherat nanti (sedangkan harta sisanya, semata habis menjadi kotoran, hilang, ditinggalkan didunia)

Diakhir renungan ini semoga Alloh selalu mengingatkan saya untuk senantiasa mendirikan dan meluruskan NIAT setiap kali saya ingin berbuat sesuatu:
“Bismillaaahirrohmaanirrohiiim…inilah fungsi MANFAAT saya..semoga Alloh meridloi perbuatan ini dan mencatatnya sebagai amalan ibadah saya yang menemani saya di alam kubur dan akherat nanti serta memberi kebaikan dan kelapangan di dunia ini…amiiin”

2 Responses

  1. materi yg mengandung hikmah sekaligus dpt membangkitkan jiwa yg terlena dibuai malas. thx so much

    • Matursuwun Mas Latief..mudah2an kita selalu dijaga Alloh dalam iman dan arah hidup kita..amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: