Yuk Betulin Posisi make Notebook/Laptop kita!

Buat temen2 yg udah kecanduan make Laptop/Notebook, yuk evaluasi posisi memakai laptop/notebook kita biar tubuh kita nggak salah urat atau malah cidera sesudah selesai study/kerja. Hati2 loh, posisi tubuh yang salah yang diulang2 setiap hari tanpa terasa dapat menyebabkan cidera tubuh. Berikut hasil penelitian profesor Dave Malouf (Savannah College of Art & Design):

********

9 Posisi Sakit dan 1 Posisi Wuenak Memakai Netbook (gambar terlampir)

Sebuah penelitian dilakukan terhadap penggunaan netbook. Hasilnya, ada 9 posisi penggunaan netbook yang menyakitkan dan 1 posisi yang paling nikmat. Apa saja?

Seorang profesor di Savannah College of Art & Design (SCAD), Dave Malouf, membeberkan hasil serangkaian riset yang disponsori oleh Freescale Semiconductor.

Sang sponsor adalah produsen prosesor berbasis ARM yang salah satunya bersaing dengan Intel Atom. Oleh karena itu, dalam beberapa studi yang disponsori Freescale, para mahasiswa menelaah desain dan penggunaan netbook.

Salah satu hasilnya, seperti dikutip detikINET dari Core77, Jumat (18/12/2009), adalah posisi penggunaan Netbook yang paling nyaman.

Namun selain posisi paling nyaman alias posisi wuenak itu, ada juga 9 posisi yang menimbulkan kesakitan. Berikut adalah 10 posisi penggunaan Netbook yang diteliti:

Posisi Sakit:

  1. Netbook digunakan di atas ranjang. Posisi pengguna duduk dengan disangga oleh bantal. Netbook berada di atas perut/pinggul, kedua kaki saling menyilang. Posisi ini akan membuat sakit pada pergelangan tangan dan mata.
  2. Masih di ranjang, kali ini Netbook digunakan di atas perut sambil terlentang dan kepala disangga bantal. Hasilnya, leher belakang dan pergelangan tangan akan jadi korban.
  3. Sambil tengkurap di atas ranjang atau permukaan empuk lainnya. Netbook di letakkan di atas ranjang dan disentuh dengan tangan yang bertumpu pada siku. Ini akan ‘mengorbankan’ pergelangan tangan dan bahu.
  4. Posisi yang juga tak nyaman adalah menggunakan Netbook di atas pangkuan dalam posisi bersila. Leher belakang dan pergelangan tangan juga akan pegal di posisi ini.
  5. Berikutnya adalah posisi ‘duduk di bar’. Pengguna duduk di atas kursi dengan Netbook di atas meja yang sedikit lebih tinggi dari posisi paha. Akibatnya, pergelangan tangan dan bahu akan sakit.
  6. Variasi dari ‘bersila di atas matras’, adalah dengan meletakkan Netbook di hadapan pengguna, bukan di atas pangkuan. Akses tangan memang jadi lebih leluasa, tapi punggung bawah dan pergelangan akan terkena dampaknya.
  7. Menggunakan Netbook sambil duduk juga berisiko menimbulkan rasa sakit jika Netbook diletakkan di atas pangkuan. Bagian leher pengguna yang akan merasakan ‘pahit’-nya posisi ini.
  8. Standing position juga bisa dilakukan terhadap Netbook. Misalnya dengan meletakkannya di atas meja atau permukaan lainnya. Tapi ini akan menyerang leher, mata dan pergelangan tangan sekaligus.
  9. Posisi darurat dengan memegang Netbook di satu tangan dan menggunakannya sambil berdiri juga akan menghasilkan rasa sakit. Terutama, pada pergelangan tangan yang menyangga Netbook dan bahu.

Posisi Wuenak:

  1. Nah, dalam studi tersebut, terungkap bahwa posisi paling enak menggunakan Netbook adalah di atas ranjang. Caranya: Baringkan tubuh di atas ranjang, sangga bagian belakang kepala dan bahu dengan bantal. Letakkan Netbook di atas pangkuan dengan posisi kaki ditekuk untuk menaikkan layar agar sejajar dengan mata.

(sumber: Detik.com Jumat, 18/12/2009 15:22 WIB)

One Response

  1. Weh..lha kebetulan kuwi cen posisiku nek nge-netbook ning omah je Mas .. suwun artikelešŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: