“Jangan tersinggung ya..kamu nggak diajak!”

Kemarin…jadi ingat kejadian sekitar 15 tahun yang lalu.
Suatu malam, saya lek2an bareng temen2ku. Meski kami hanyalah temen alumni, namun alhamdulillaah ikatan persahabatan rasanya masih dihati kami. Lek2an, nggelar tikar didepan rumah salah seorang teman kami. Obrolan kami asyik ke sana ke sini, hingga akhirnya 3 orang teman saya mulai membicarakan sesuatu yang saya nggak ngerti. Sebuah ‘BISNIS’ di antara mereka….mereka membicarakannya serius seakan tidak ada saya di situ. Berbicara tentang apa yang bisa dilakukan bahkan peran masing-masing teman. Sediih rasanya hati saya saat itu…seakan saya di’tiadakan’…ke-mengertian saya akan keterbatasan diri dan ilmu saya membuat hati saya saat itu mampu memahami kenapa saya di’tiada’kan. “Kenapa ya kok saya nggak diajak?”…”saya khan bisa bantu2 marketing..” ..”kenapa ya mereka ngobrol kerjasama antar 3 orang sementara ada sahabatnya ke-4 yang ikut mendengarkan?”…”Apakah saya memang sama sekali bukan siapa-siapa dan tidak bermanfaat apa2?”. Sampai dipertanyaan ‘nelangsa’ yang terakhir ini membuat saya ingat sebuah kejadian: saat saya dan sahabat saya bertamu ke rumah sahabat saya yang lain…begitu masuk ke rumah mewah sahabat saya, dengan muka PD saya tersenyum mencoba menyapa ibu teman saya…Ibu teman saya tersenyum dan bertanya ,”Gimana kabar ibu??”…kaget, hampir saya menjawab..untung sahabat saya (yg datang bersama saya) segera menjawab,”Ibu baik2 saja Bu!”. Ya Alloh…untung saya nggak menjawab…emang siapa kamu Ton??! kok bisa2nya ibu sahabat kamu kenal ibu kamu yang cuman ‘Bakul Kampung’?!..sedih saya saat itu karena senyum saya tidak berbalas bahkan tidak disapa. Tapi, siapakah saya? disitu saya kembali menerima diri…

2003…cerita perjalanan bisnis teman-teman kantor saya akhirnya saya dengar.Beberapa teman saya bersepakat, melakukan ‘tour’ pelatihan dibeberapa kota. Saya…tidak diberitahu, apalagi diajak. Sedih juga, tapi saya kembali mencoba mengerti…mungkin, memang saya belum bermanfaat apa-apa bagi mereka.

Rabu 26 November 2009….sebuah email masuk ke INBOX saya. Saya nggak kenal siapa pengirimnya, namun jelas disitu tertulis seseorang yang ‘tidak biasa’..seseorang dengan jabatan strategis di negara luar Indonesia. Bukan hanya pengirimnya yang luar biasa, namun isi singkat yang membuat saya memahami hikmah cerita saya selama ini. Dari seseorang yang sama sekali tidak saya kenal, dengan posisi luar biasa di luar Indonesia mengirimi saya sebuah ‘tawaran’ untuk masuk tim Proyek Bank Dunia di Indonesia!!! MasyaAlloh…!! …Saya belum memutuskan apakah saya akan mengirimkan CV saya, tapi yang jauh lebih luar biasa bagi saya, email ini telah membuka mata hati ‘pengertian’ saya selama ini. Seakan email ini berkata:

“Tony….terimalah, Jangan pernah sekali-kali mengharap orang lain mengajak bekerja sama jika memang kamu belum berarti apa-apa buat mereka, jika kamu memang belum dipandang memiliki pengalaman, pengatahuan, dan ketrampilan yang mereka butuhkan. Siapapun, tidak perduli sahabat ataupun teman, mereka tidak akan mengajakmu dalam sebuah kerjasama jika kamu memang bukan apa-apa.
Tapi..yakinlah, focuslah membangun kemanfaatan diri…focuslah membangun kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan diri. Pada saatnya nanti, tidak perlu kamu meminta untuk diajak, dirimu sendiri yang akan mampu menciptakan peluang…setiap orang yang akan menghubungi dan mengajakmu…setiap orang yang akan membutuhkanmu karena kamu memang bermanfaat.
Tony…jadi terimalah!..tawaran kerjasama yang datang kepadamu adalah cermin persepsi orang akan kemanfaatan dan kompetensimu!…Jangan salahkan orang lain, jangan bersedih terlalu lama! Focuslah..Focuslah terus meningkatkan dan memperbaiki diri! Buktikan hipotesis ini peluang yang akan datang sendiri menghampiri!!!”

Alhamdulillaaah

 

 

 

2 Responses

  1. Lha aku diajak ora iki…nek aku ora diajak tersinggung tenan iki….hehehehehhe

    • tenang mas Satoto..engko ta’ ajak ke Alun2 nonton sekaten!…neng aku gantian diajak ke Jerman lho ya!!🙂

Leave a Reply

