3 Dimensi Waktu SAAT INI

Sebagai manusia, sangat sering saya merasa jenuh dan malas bergerak. Sebagai manusia, sangat sering juga saya tiba-tiba merasa rendah, pesimis dan tidak memiliki kemampuan apa-apa. Sebagai manusia, sangat sering saya tiba-tiba merasa tidak tahu untuk apa semua mimpi ini saya jalani. Sering saya berada dalam suatu kondisi Lelah, Hampa, dan Sepi.

Sekedar berhenti sejenak untuk merenung dan mengevaluasi diri, adalah hal yang dinasehatkan oleh Baginda Nabi. Siang ini, meski menyita waktu yang mestinya bisa saya gunakan untuk mencari tahu metode survey ke-2 saya, saya gunakan hampir 2 jam ini untuk ber-muhasabah diri.

Hidup saya…rasanya baru kemarin.
Baru kemarin rasanya saya masih anak-anak, kini saya telah memiliki anak-anak.
Baru kemarin rasanya rambut kumis dan jenggot saya tumbuh…kini rambut ini mulai satu per-satu ber-uban,
Baru kemarin rasanya saya bermimpi pengiin sekali naik pesawat dan keluar negeri,..kini saya masih diberikan nikmat hidup di luar negeri,
Baru kemarin rasanya saya berdoa, menangis, menghiba ke Alloh pengin dapet beasiswa PhD ke luar negeri…kini saya sedang menikmatinya dan bergulat dengan anugerah mimpi PhD di Australia
Kini dan seringkali saya berhenti sekedar bertanya, “Apakah hidup ini hanyalah sekedar untuk INGIN dan mengejar KEINGINAN duniawi semata?”
Seringkali saya bertanya sendiri, “Bagaimana jika saya sangat ingin, bertekad dan sedang berusaha keras mengejar Keinginan dunia saya namun tiba-tiba Alloh berkehendak lain: MENCABUT NYAWA saya, seperti seorang penonton TV yang sedang asyik menikmati Film yang makin tambah seru tapi tiba-tiba PLN berkeputusan memutus aliran listrik di rumah itu. Mimpi yang saya yakini ‘pasti’ menjadi kenyataan, sangat mungkin tetap hanya sebuah mimpi kosong.
Lalu untuk apa hidup ini???

Selama ini saya berdoa dan mengingatkan diri untuk dapat BERMANFAAT sebesar-besarnya bagi alam semesta. Tapi..mengapa saya harus bermanfaat?

Yang setiap detik harus saya INGAT dan MENGERTI: bahwa setiap saat..setiap saat kesempatan Hidup ini Alloh masih berikan kepada saya, di saat itu sebenarnya Alloh karuniakan kesempatan BERINVESTASI sekaligus MENIKMATI 3 Dimensi Waktu:

Saat ini DETIK ini adalah SAAT INI yang mustinya juga kita NIKMATI dan BERSYUKUR karena saat ini adalah masa depan yang kita mohonkan di masa lalu.
Saat ini DETIK ini adalah MASA BERIKUTnya jika saya masih diberikan kesempatan Hidup di Dunia, sehingga saat ini harus kita INVESTASIKAN sebagai modal membentuk Masa Depan Dunia kita mendekati kematian.
Saat ini DETIK ini adalah MODAL ALAM KUBUR dan AKHERAT saya. Apakah alam kubur saya Lapang atau Sempit, Tentram atau Sengsara, terasa Singkat atau Lama, apakah di Syurga atau di Neraka, apakah diberikan kenikmatan Alloh atau disiksa mempertanggung-jawabkan perbuatan saya di dunia, semuanya Tergantung Saat ini.

Lalu bagaimana dalam satu waktu saya bisa mengubah 1 modal ini menjadi 3 dimensi waktu sekaligus??? Mungkin yang saat ini bisa saya mengerti dan seharusnya bisa saya lakukan adalah:
Setiap saat, setiap detik saya ingat saya harus:
1. Hamdallaah!.bersyukur kepada Alloh-Zat tunggal sumber dari semua sumber- atas nikmat karuniaNya hingga saat ini.

2. Bismillaaah, lafazkan! niatkan, luruskan niat! persembahkan semua perbuatan sebagai ibadah mengikuti perintah Alloh dan menggapai cinta & ridlo Alloh sekaligus berdoa semoga amalan ini dicatat sebagai modal saya, teman saya di alam kubur dan akherat saya sesudah saya mati.

3. Tingkatkan diri, nikmati belajar dan terus berlatih diri demi peningkatan kemanfaatan diri! ….Evaluasi, bisa, manfaatkan diri….Evaluasi lebih baik lagi, Bisa, Manfaatkan diri lebih baik lagi, dst! jangan lupa selalu niatkan Bismillaah dan nikmati prosesnya…amiiin.

Leave a Reply

