Memasuki Dunia Baru

worldAlhamdulillahirrobbil alamiin…
Minggu terakhir ini sebuah ni’mat baru Alloh karuniakan kepada saya: saya mulai di”berani”kan untuk membuka diri, “on the spot”, berkomunikasi, dan menjalin silaturahmi dalam level global. Berawal dari research web penelitian PhD saya (smsegov.info) dan email undangan survey yang saya kirimkan ke 24 miling list dunia (mungkin total members mencapai lebih dari 5000 orang). Then finally, my research web rata-rata diakses 50 orang setiap harinya dan setidaknya ada peningkatan respondent rata-rata 10 orang setiap harinya (Alhamdulillaah!). What is more amazing is one by one I got personal emails from “extraordinary” people from many backgrounds: ada professor dari India, ada praktisi e-government dari Venezuela and United States, ada Consultant e-government dari Africa, dan tentunya temen2 ahli dari Indonesia juga…Wah wis tiba-tiba aja rasanya diri yang masih goblok ini “on the spot” di hadapan banyak praktisi dan experts e-government, IT muslim, public policy, and HCI di seluruh dunia🙂 Jujur, deg2an campur seneng rasanya membaca dan membalas satu-persatu email mereka.

Bertambah lagi, hari kemarin saya diundang SA-CHI (South Australia-Computer Human Interaction) group sebuah group komunitas pemerhati interaksi Komputer-Manusia yang terdiri dari Businessman, akademisi, dan praktisi CHI di South Australia. Diundang bukan sebagai peserta, tapi sebagai PEMBICARA (Ya Alloh..temenan iki?)…then Alhamdulillah, I could go through the presentation and discussion very well.

Lagi-lagi Alloh insyaAlloh begitu sayang, sebuah email tawaran menulis chapter buku e-government dunia dari Bahrain University saya terima 3 minggu yang lalu dan saya udah janji bakalan menulisnya mulai minggu ini….(Alhamdulillaah). Tawaran ini berawal dari tulisan saya yang dimuat di proceeding ICEG, sebuah konferensi internasional khusus masalah e-government.

Masih “fly” rasanya diri ini, belum 100% percaya, tapi Alloh rasanya memang sudah “mendorong” saya untuk nggak nanggung2 lagi. Alhamdulillaah…memang makin nyadar rasanya: diri ini hidup di dunia luas dan mustinya memang bergaul dan bermanfaat buat dunia secara luas. Bismillaahirrohmaanirrohiim

2 Responses

  1. Keren banget mas… Wah, harus banyak-2 nimba tips dari mas Toni nih. Saya selalu ikutin perkembangannya lho…. siapa tahu kegigihannya bisa nular.

    Salaam

  2. amiiin Tati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: