Tips “Ngoyak-Oyak” Supervisor! :)

runaway1I’ll write this story using Bahasa because who knows Supervisor saya mbaca posting ini🙂

Seperti kamu tahu…supervisor penelitian (S1/S2/S3) hampir di mana-mana sama aja: dia nggak bakalan bener-bener ngasih perhatian ke penelitian kita. Misalnya, kita udah rajin bahkan berlembur-lembur nulis ngejar due date dan submit target kerjaan kita ke Supervisor buat dia koreksi, bisa ditebak dia baru akan print and baca kerjaan kita kalo waktunya udah mepet…sering 1 jam sebelum ketemu ama kita bahkan sering kali lupa ama janjian kita. Hasilnya … koreksi dari supervisor mundar-munduuuur aja😦

Kejadian ini masih mending, kalo dibanding pengalaman temen saya dari Thailand yang kebetulan supervisornya seorang Professor sekaligus Head of school saya. Jangankan ngasih koreksi…janjian ketemuan aja seringbanget dilupakan… (wuah kalo ini udah payah!) ….Pengalaman-pengalaman ini membuat saya nggak over-over estimate terhadap orang-orang Western, semuanya sama saja kaya’ saudara2 kita Indonesians..ada yang bagus ada yang malesan/nggak disiplin.

Nah…hampir sebulan ini saya sudah ngajukan print out web research dan survey  ke Supervisor saya, dan meminta jauh-jauh hari disiapkan sistem untuk mbangun prototypes saya. He…he..he.. hasilnya ..munduur,munduuur..bahkan beberapa harapan mulai menunjukkan sisi kesulitannya😉 …yach, akhirnya ini hikmah berikutnya yang Alloh tunjukkan ke saya:
“Penelitian PhD hanyalah URUSAN SAYA, KEPENTINGAN SAYA, dan JOURNEY saya..bukan kepentingan Supervisor, Staff lain, bahkan sekolah ini!!!”..jadi saya harus mengambil keputusan TEGAS: Terus Melangkah, ambil tindakan progress apapun yang diperlukan, biarkan supervisor kita yang “keponthal-ponthal” mengikuti lari kita!!🙂

Apa yang saya lakukan akhirnya….

Finally I putuskan upload and publish web research & survey saya di Hosting umum (nggak di Server School saya..habis manager IT di school saya Bossy banget + unfriendly!!!😦 banyak students & staff yang milih nggak mau ribut2 debat hanya sekedar minta space)..then I setup the hosting and domain name, upload the Research web and yup!!!..everything has been published…..then saya email Supervisor saya: “Pak, website udah SIAP lho, udah dipublish (gambar Bapak ada lho🙂 ) Hayooo silahkan dikoreksi keburu ‘malu’ ama orang sedunia yang kebetulan nemuin website kita lho…!🙂 ”

He..he..he..just in a day, Supervisor saya udah email…”Hei Ton…Websitenya banyak error-nya, temui aku siang ini!” …:) …nah loo..sekarang dia yang ngejar-ngejar ketemu saya (he..he..he)..yach pokoknya kalo Supervisor nggak mau lari, kita aja yang mbikin dia lari🙂

6 Responses

  1. mana dong Pak URL websitenya?😀

  2. pak Tony byk tips nya… he he..

  3. Kosha: sabar..minggu ini masih dikoreksi banyak temen:) insyaAlloh minggu depan aku invite ke banyak milist buat minta bantuan isi survey. Riki: “tips” apa nih? tips= nasehat atau tips=minta persenan UANG?😉 thanks

  4. waaah..
    semangat paak..🙂
    numpang baca2 yah pak..

  5. yang pertama Pak (tips= nasehat ); utk yang kedua (tips=minta persenan UANG) boleh jg pak bagi2 pengalamannya klo ada 🙂

  6. Dinda: thanks aku juga udah mampir ke Blogmu kok..sukses skripsinya ya

Leave a Reply

