Piere Omidyar: eBAY

ebayEbay adalah situs Jual-beli yang paling terkenal dan laku dipergunakan oleh masyarakat di dunia. Situs web pelelangan online ini ditemukan di San Jose, California, pada tahun 1995 oleh Programer Komputer Prancis kelahiran Iran yang bernama Pierre Omidyar.

Pierre Omidyar lahir di Paris, Prancis, 21 Juni 1967.`Meski lahir di Prancis, Omidyar sebenarnya berdarah Iran. Ia sejak kecil sudah memperlihatkan minat dan kemampuannya dalam pemrograman komputer. Kemampuannya terhadap program komputer tak hanya ia asah di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Ia secara sukarela membantu perpustakaan di sekolah menengah tempatnya belajar untuk menyusun katalog online. Rupanya, dari projek sukarela inilah karier cemerlang Omidyar berawal karena dari sana ia memiliki banyak pengalaman berharga dan memuluskan jalannya untuk benar-benar menjadi seorang ahli pemrograman komputer.

Pada tahun 1988, Omidyar lulus kuliah dari Universitas Tufts dengan gelar B.S. (Bachelor of Science) di bidang ilmu komputer. Pada tahun 1991, kariernya mulai terlihat ketika ia bergabung dengan perusahaan Claris, sebuah anak perusahaan Apple Computer. Di sana ia menjabat sebagai consumer software engineer. Kemudian tahun 1994, ia mendirikan Inc. Development Corporation, yang selanjutnya mengalami perkembangan dan diberi nama eShop. Pada saat itu, eShop adalah pemimpin teknologi perangkat lunak (software) perdagangan berbasis internet. Pada tahun 1996, diakuisisi oleh Microsoft.

Awal mula berdirinya eBay, sebenarnya tercipta karena niat Omidyar membantu seorang teman dekat untuk mendapatkan pembeli bagi produk yang dijualnya. Ternyata, dari sekadar iseng membantu teman, menjadi ide bisnis yang brilian. Walaupun awalnya peluncuran bisnis eBay merupakan uji coba terhadap bisnis yang berbasis internet yang saat itu belum ada di dunia maya, ternyata malah membawa keuntungan yang lebih banyak bagi Omidyar.

Pada tahun 1995, Omidyar mendirikan perusahaan yang diberi nama domain EchoBay.com, namun ternyata domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain. Akhirnya, Omidyar memendekkan namanya menjadi eBay.com.

Item barang yang pertama dijual di Ebay adalah tongkat laser yang rusak dengan harga $14,83. Herannya, Omidyar di hubungi oleh seorang pembeli dan dia menyuruh Omidyar untuk menjelaskan kerusakan Tongkat laser tersebut. Didalam emailnya, Si pembeli mengatakan bahwa dia seorang pengumpul Tongkat laser yang rusak.

Chris Agarpao sebagai pewagai pertama di eBay dan Jeffrey Skoll disewa sebagai presiden pertama perusahaan tersebut pada tahun 1996. Pada bulan November 1996, eBay mencapai persetujuan lisensi pertama, yaitu dengan Perusahaan Perjalanan Pelelangan Elektronik yang berkerja sama dengan SmartMarket Technology untuk menjual tiket pesawat dan produk-produk perjalanan lainnya. Pada bulan September 1997, perusahaan ebay ini secara resmi merubah namanya menjadi AuctionWeb to eBay, yang sebelumnya bernama Echo Bay Technologi Group, yang merupakan perusahaan konsultasi Omidyar. Omidyar telah menaruh namanya di daftar domain yaitu *****(dimana domain ini belum lama ini baru dijual) tetapi ternyata ditemukan dengan nama Echo Bay Mines. eBay menjadi perusahaan masyarakat pada 21 September 1998 dan kemudian Omidyar dan Skoll menjadi billiuner, yang kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh PayPal pada tanggal 14 Oktober 2002.

Ebay memiliki jumlah pengunjung paling sedikit 902 juta / per tahunnya. Dan ini tiga kali angka (situs ini merupakan salah satu situs jual-beli terbesar juga).

Rahasia sukses eBay

Kesuksesan situs eBay, menurut Omidyar, dalam wawancaranya dengan dengan Robert D. Hof dari BusinessWeek adalah adanya nilai-nilai yang dianutnya dan kekuatan eBay pada komunitas yang terbentuk. Nilai-nilai yang dianut dalam bisnis eBay adalah ia percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Percaya bahwa setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain.

Selain itu, ia juga percaya bahwa kejujuran dan lingkungan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik, dan menerapkan aturan emas bahwa bisnis eBay memperlakukan setiap pribadi yang terlibat dengan sebaik mungkin.

Karena pada dasarnya setiap manusia ingin diperlakukan dengan baik, manusia tersebut harus memperlakukan yang baik pula terhadap manusia lainnya. Komunitas yang dimaksud dalam bisnis itu adalah para penjual dan pembeli yang ada dan bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan.

Berkat nilai-nilai yang dianutnya itulah kini eBay telah memiliki ratusan juta anggota ini. eBay juga telah memiliki situs web yang tersebar di banyak negara, seperti AS, Kanada, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, Switzerland, Italia, Austria, Belgia, India, Australia, Selandia Baru, Cina, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan.

Kedermawanan Omidyar

Kesuksesan eBay tentunya mengantarkan Omidyar menjadi seorang miliarder. Namun, kesuksesannya tersebut tidak menjadikannya lupa diri atau melupakan masyarakat sekitarnya. Pada tahun 1998, bersama istrinya, Pamela, Omidyar mendirikan yayasan eBay atau yayasan Omidyar. Yayasan ini memberikan pendidikan gratis mengenai teknologi dan aplikasi dari teknologi tersebut pada masyarakat yang memerlukan.

Ia percaya bahwa investasi kebaikan yang diberikan kepada masyarakat yang dilakukan secara sukarela (seperti ketika ia mendirikan eBay pertama kali, dengan niat membantu teman dan juga masyarakat bisnis), pastinya akan membuahkan sesuatu yang positif di masa yang akan datang.

eBay BUSINESS MODEL

eBay has built an online person-to-person trading community on the Internet, using the World Wide Web. Buyers and sellers are brought together in a manner where sellers are permitted to list items for sale, buyers to bid on items of interest and all eBay users to browse through listed items in a fully automated way. The items are arranged by topics, where each type of auction has its own category.

eBay has both streamlined and globalized traditional person-to-person trading, which has traditionally been conducted through such forms as garage sales, collectibles shows, flea markets and more, with their web interface. This facilitates easy exploration for buyers and enables the sellers to immediately list an item for sale within minutes of registering.

Browsing and bidding on auctions is free of charge, but sellers are charged two kinds of charges:

  • When an item is listed on eBay a nonrefundable Insertion Fee is charged, which ranges between 30 cents and $3.30, depending on the seller’s opening bid on the item.
  • A fee is charged for additional listing options to promote the item, such as highlighted or bold listing.
  • A Final Value (final sale price) fee is charged at the end of the seller’s auction. This fee generally ranges from 1.25% to 5% of the final sale price.

eBay notifies the buyer and seller via e-mail at the end of the auction if a bid exceeds the seller’s minimum price, and the seller and buyer finish the transaction independently of eBay. The binding contract of the auction is between the winning bidder and the seller only.

(sumber: Pikiran Rakyat, Mupeng.com, cs.brandeis.edu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: