Hanya karena saya tahu saya BODOH

rendahYa Alloh…Alhamdulillaah, senantiasa Engkau sadarkan hamba betapa bodohnya hambaMu ini.

Saya sadar diri bahwa saya tidak pintar maka saya harus terus belajar, hanya karena saya tahu kalau saya seringkali tidak ‘mudheng’ memahami sebuah bacaan dengan 1x membaca maka saya memang harus membacanya berulang-ulang untuk memahaminya, karena saya menyadari bahwa saya ‘terlambat memulai’ dari teman-teman lain yang telah menekuni bidangnya sejak awal maka saya memang harus belajar & berusaha 2 hingga 5 kali lebih keras dari mereka, karena saya sadar bahwa otak saya ini begitu mudah lupa maka saya bersusah payah untuk selalu mencatat, dan hanya karena saya tahu bahwa kelancaran, kekuatan, dan kepercayaan diri selalu dapat dihasilkan dari kebiasaan maka saya harus tidak pernah malu untuk mempersiapkan diri dan berlatih untuk hal sesepele apapun.

Namun jikalau saya berhenti sejenak dan menyadari demikian luar biasa ni’mat yang telah Alloh karuniakan kepada saya yang Bodoh dan Rendah ini semakin saya menyadari bahwa Alloh memang tengah menguji saya: apakah manusia rendah ini menyadari kelemahan dan kebodohannya serta selalu bersyukur, ataukah terlalu bodoh untuk menyadari kebodohannya kemudian sombong mengaku-ngaku semua adalah haknya?

Ya Alloh…senantiasa sadarkan hamba untuk merendahkan hati karena pada hakikatnya diri ini memang sangatlah rendah dihadapanMu…hanya karena Kasih SayangMu Engkau tutupi kerendahan, kelemahan dan kebodohan hamba…dan memang hanya Engkau yang memiliki semuanya termasuk hambaMu yang rendah ini.

Leave a Reply

