Pengalaman Magang di Departemen Pemerintah Australia

eitMinggu lalu, 8 sampai dengan 12 Desember 2008, Alhamdulillaah saya memperoleh kesempatan magang kerja di Department for Transportation, Energy and Infrastructure of South Australia. Sebuah kesempatan yang sebenarnya sangat saya nanti-nantikan. Satu sisi, saya berharap membuka wawasan saya tentang pola kerja Pegawai Negeri/Pemerintah di Australia; berharap mempelajari bagaimana mereka mendesain, membangun, menjalankan, mengevaluasi Mobile-based systems untuk Public Services; dan sisi lain saya juga pengin semua ‘kewajiban’ formalitas beasiswa saya segera berakhir dan kembali focus ke Research PhD saya🙂

Satu Minggu saya berinteraksi dengan staf-staf pemerintah SA, satu minggu saya berdiskusi, ‘terlibat’, dan diterangkan tentang SAGEMS unit (sebuah unit pengelola infrastructure terpadu untuk semua departement pemerintahan di SA), sistem SMS untuk transportasi (www.adelaidemetro.com), dan yang paling kompleks adalah proyek ‘Single Point’ (‘Ask once’) sebuah proyek berskala besar untuk mengintegrasikan semua layanan online di SA baik untuk layanan publik maupun layanan internal seluruh department pemerintahan SA.

Kesan saya:

1. untuk layanan SMS, ternyata mereka hanya memanfaatkan layanan basic yakni Broadcasting perubahan jadwal transportasi saja. Itupun nggak pernah di’evaluasi’ . Ternyata negara-negara berkembang seperti the Philipines lebih kreatif dalam memanfaatkan layanan mobile technology.

2. untuk layanan aplikasi mobile, mereka telah memanfaatkannya dengan baik, dengan memanfaatkan aplikasi Java yang dapat didownload di devices.

3. Proyek ‘Single Point’ adalah sebuah ide sederhana yang telah jamak diketahui dalam tataran teori e-Government, tetapi dalam implementasinya ternyata membutuhkan Power, Koordinasi, dan Biaya besar. Pun waktu yang dibutuhkan lebih dari 3 tahun.

4. Pola kerja pegawai negeri di negara maju khususnya Australia, menurut saya nggak beda2 jauh dari Indonesia🙂 maksudnya mereka nggak selalu on time atau kerja terus. Kadang kebanyakan ngobrol, ngrumpi, makan siang terlalu lama, baca2 berita internet. Tapi yang membedakan, mereka sangat respect terhadap keluhan warga/customers, menghormati dan menyediakan waktu untuk program2 sosial dan kerjasama, berusaha memanfaatkan waktu kerja untuk melaksanakan tanggung jawab utama mereka, hampir nggak keluar kantor buat ngobyek yang nggak terkait dengan tanggung jawab utama dia (atau mungkin saya nggak tahu ya:) ).

5. Menurut saya, skills mereka juga nggak luar biasa banget, maksud saya tiap-tiap orang hanya dituntut untuk menguasai satu scope skill sesuai pekerjaan mereka, misal hanya pinter banget di ASP, atau ms. Access, dll . Ngeri kalo ngebayangin di Indonesia, banyak orang yang ahli macem2🙂

Alhamdulillaah, mudah2an pengalaman, ilmu dan wawasan ini bermanfaat bagi diri saya dan umat kelak. Amiin.

3 Responses

  1. satu lagi mas yang terlupakan, budaya MEROKOK. kalo PNS di kita tau sendiri, hampir di setiap meja (bapak2 khususnya) tersedia ASBAK bahkan di ruangan ber-AC. Sekilas terlihat pegawai di Australia malah (katanya) tersiksa juga kalo sudah saatnya merokok tp ditahan-tahan juga, karena terlalu sempit ruang merokok mereka. Lha di Indonesia sampai ada perda khusus dan denda yang besar untuk masalah ini, tapi sampai sekarang, masih aja kantor-kantor dan area publik dipenuhi kepulan asap rokok dan sisa puntung rokoknya.

  2. He..he..bener Mas Yusuf, kalo masalah merokok mah negara kita emang udah dari awalnya salah..misal: orang yang nggak merokok malah harus toleransi kepada orang yang yang merokok didekatnya (yang seneng2 diatas penderitaan orang lain). Kesepakatan awalnya aja udah salah: kalo di Ausie dan Jepang (maaf yang saya tahu) hukum dasarnya semua tempat TERLARANG untuk merokok kecuali ada tulisan ‘BOLEH MEROKOK’, nah di negara kita hukum dasarnya semua tempat BOLEH untuk merokok kecuali yang ada tulisannya ‘DILARANG MEROKOK’🙂 nah loo mumet to!

Leave a Reply

