Mending milih International Conference yang Spesifik!

 Jujur, saya akui, tahun 2005 hingga 2006, mempublikasikan paper ke forum-forum internasional adalah sebuah prestasi yang sangat luar biasa bagi saya. Luar biasa, karena saya nggak ngerti gimana caranya nyari ide tulisan yang layak untuk level internasional, luar biasa karena saya nggak ngerti sama sekali juga cara nulis paper internasional, bahkan sangat luar biasa karena saya-pun nggak pernah bisa membayangkan bagaimana mungkin saya berani mempresentasikan paper  saya dalam bahasa English di depan komunitas internasional yang pada ahli dibidangnya.

Alhamdulillaah Alloh jua yang menuntun saya. Awalnya, bagi saya “sembarang” International Conference adalah prestasi buat saya. Saya kirimkan paper saya ke konferensi-konferensi internasional IT secara umum. Satu per-satu paper saya diterima, direview, dipublikasikan, dan diberi kesempatan untuk mempresentasikannya. Sebelumnya, saya menganggap publikasi dan presentasi di depan forum internasional adalah sebuah “beban berat” yang harus saya selesaikan.

Alhamdulillaah, kini…berkat bimbingan supervisor saya jua, pelan-pelan hati ini mulai sadar, bahwa “tidak ada yang istimewa” dengan International Conference, namun Tidak juga Nothing. Alhamdulillaah, Alloh semakin membuka kesadaran diri lemah ini, bahwa Publikasi dan international forums seperti conferences adalah media bagi kita untuk beramal, beramal berbagi pengetahuan sambil berikhtiar mencari masukan/kritik/nasehat tentang penelitian kita, bahkan forum-forum internasional ini adalah media nyaman untuk bertemu dan mengembangkan silaturahmi (networking) kita dengan orang-orang di seluruh dunia yang sama-sama tertarik atau sedang mengerjakan hal yang sama dengan kita.

Alhamdulillaah…Jum’at sore, 24 October 2008 kemaren, barusan balek dari presentasi di International Conference on E-Government (ICEG08) di Melbourne. Sebuah perjalanan panjang karena total dengan perjalanan-perjalanan sebelumnya di bulan ini sebanyak 8 kali flights harus saya tempuh berpisah sementara dengan anak dan isteri. Namun alhamdulillaah, perjalanan-perjalan ini membawa banyak pemahaman, kesadaran, dan insyaAlloh peningkatan kualitas diri.

ICEG 2008 di Melbourne telah semakin menambah keyakinan diri saya sebagai seorang pelajar dan peneliti. ICEG 2008 inipun telah menambah sejumlah silaturahmi dengan saudara-saudaraku peneliti dari negara lain (mudah2an Alloh menjaga silaturahmi ini dan memberi banyak rizqi dan kemanfaatan atas silaturahmi ini), diantaranya:

– Mas Dahlan Nariman, seorang teman Indonesia yang menjadi Senior Lecturer di Ritsumeikan Asia Pasific University Japan..banyak ide besar bagi Indonesia yang insyaAlloh dapat kita realisasikan mas,

– Akemi Takekoka Chatfield, Head of Postgraduate Studies di Univeristy of Wollongong..insyaAlloh kolaborasi research di e-government mudah2an dapat saya tindak-lanjuti

– Professor Ahmad Bakeri Abu Bakar, seorang professor dari International Islamic University Malaysia yang telah banyak melalang buana ke seluruh dunia, dan insyaAlloh juga memberikan secercah “harapan”

– Crishantha Nanayakkara, seorang Senior Technologist di Information and Communication Technology Agency di Sri Lanka yang membuka tangan untuk berbagi informasi

Alhamdulillaah…saya semakin percaya, jikalah semuanya memungkinkan (waktu dan biaya) dan kita harus mengirim, mempresentasikan, dan mempublikasikan paper penelitian kita, saya akan lebih memilih Konferensi Internasional yang memang SPESIFIK bidang penelitian kita.

4 Responses

  1. …apik pisan mas dwi;
    ini menandakan “properti anak indonesia” bisa bertarung di lantai ratusan mill dari kediamannya…;
    well done…
    selamat dan tetap berjuang, kami akan bersama memperjuangkan keagungan bangsa kita🙂;
    thanks for your experience…

  2. Yach mas/Mbak ‘Winformca’ intinya khan kalo kita mempelajari satu bidang itu terus-menerus makin lama khan makin lebih tahu dari yang lain..jadi ya makin PD aja. Hanya sebagai konsekuensi spesialisasi kita, kita menjadi orang yang Tidak Tahu untuk bidang2 diluar bidang kita. Ayo Sejahteralah Indonesia ku!!!🙂

  3. Hi Tony,

    I am Crishantha Nanayakkara from Sri Lanka. I met u at ICEG 2008 conference. Hope u can remember me. How things with you? Have you completed the PhD? Keep In Touch.

    Cheers!

  4. Hi Crishantha!! Nice to find your comment in my blog! How come you find my blog? Thanks mate…of course I remember you! I still keep your business card. Hi Crishantha, now I am running survey about SMS for public services (e-government), please check it out at “smsegov.info”. How are you? Busy with project? I still have another 3 years to finish my PhD, but lucky me I have published 6 papers and this year may publish another 3 papers (I hope🙂 Do you have blog? I will be happy to visit your blog to..see u later, Crishantha!

Leave a Reply

