PhD research….the challenges & excitement

Apa sih istimewanya sekolah PhD?….sebagian orang menasehati saya “Nggak ada istimewanya, cuman kelihatan lebih keren aja daripada Master”…ada yang ngasih nasehat “don’t think too serious, we just need to get the title, no one will care and read about our thesis”..ada lagi yang lebih ‘nggampangin’ “alaaaah thesis itu cuman permainan kata aja…dibolak-balik aja”.

Memang…seperti apa PhD kita akhirnya kembali ke kita juga. Mau ngapain saya? hanya mau dapet gelar PhD? atau dapet ilmu sebener2nya? atau bener2 mau melakukan sesuatu yang ‘baru’ dan bermanfaat? atau mau apa??? Kalolah saya mengikuti pilihan pertama, hanya sekedar mendapatkan gelar PhD, mungkin saat ini saya nggak perlu mumet2 diskusi rutin dengan supervisor II saya yang kritis dalam menganalisis, mungkin saya cukup meneruskan rencana penelitian saya dan hanya berkonsultasi dengan Supervisor I saya yang selalu “setuju” dengan ide saya (karena sudah bekerja dengan saya sejak awal). Kalolah PhD hanya sekedar title, maka saya sudah khawatir membayangkan sejak sekarang bahwa saya akan “tamat” 3,5 tahun lagi karena S3 adalah pendidikan formal tertinggi. Tapi saya selalu ingat pertanyaan isteri saya dan diri saya sendiri: “yen wis PhD (luar negeri) TRUS AREP NGOPO???” …..

Menurut saya PhD atau apapun gelar yang kita sandang TIDAKLAH LAYAK kita kenakan manakala kita tidak menyadari essensi dari gelar itu sendiri. Menurut saya Gelar itu barang berat lho…saya lebih seneng memperkenalkan diri sebagai Tony saja atau malah Tony Pelita Hati🙂 daripada Tony Dwi Susanto S.T., M.T. …mau apa dengan ST saya, lha wong saya sudah lupa dengan ilmu Teknik Nuklir saya🙂 bahkan nggak pernah mempraktekkan sama sekali, satu2nya yang saya saya praktekkan hingga saat ini adalah Konsep Keselamatan Reaktor “Fault Tree” yang begitu mendarah daging ke saya🙂 hingga saya harus selalu siap sejak awal dengan apapun peluang “takdir terburuk” yang mungkin menimpa saya. Gelar MT…kalo yang ini saya masih sedikit mantap lah🙂 maksudnya masih bisa “sedikit” mempertanggungjawabkannya🙂 …… Nah kalo yang sedang saya jalani ini jauuuh lebih “besar” lagi gelar PhD..apaaa kuwi artine ya?? :)) Gelar ini mensyaratkan saya berkontribusi ke hal baru, knowledge baru, dan meyakinkannya kepada experts reviewers thesis saya nantinya. Tapi beyond of that, saya sadar bahwa gelar itupun harus saya PERTANGGUNG-JAWABkan di hadapan Alloh dan kepada diri saya sendiri. Bahwa saya, jika saya pada saatnya nanti (mudah2an Alloh meridloinya) diberikan hak gelar PhD maka saya harus memang benar2 BERILMU khususnya di Bidang Teori saya, saya harus jujur berani menjawab “TIDAK TAHU” jika memang tidak mengerti dan tidak bidang saya, namun saya harus benar2 memiliki MULTI SKILLS dalam pengetahuan dan penelitian karena itulah PhD yang sebenarnya. PhD HARUS LAKU🙂 Kalo ada yang pernah nanya “saya sudah lulus S3 kok masih nganggur ya?” ..Jangan salahkan S3-nya! evaluasi diri sendiri dahulu apa yang ‘saya’ lakukan selama S3 dulu?

Bismillaahirrohmaanirrohiim, mudah2an tulisan ini mengingatkan dan meneguhkan tekad dan semangat saya bahwa PhD ini adalah KESEMPATAN HIDUP bagi saya untuk KEDUA kalinya. Alloh memberikan waktu 4 tahun bagi saya untuk belajar dari 0 kembali. belajar apapun: Pemrograman, Metodologi Research, Aplikasi2 untuk Penelitian, Research & Management Skills, Communication Skill, English, Mental, Quantitatif & Qualitative Research, NVivo, SPSS, EndNote, Teaching in International classes, Leaderships, magang di perusahaan dan lingkungan international, … (insyaAlloh muasih banyak lagi ni’mat ilmu Alloh ini)

Apa yang “harus” saya lakukan untuk kemanfaatan umat nanti insyaAlloh Alloh tahu saya sudah berdoa dan merencanakannya🙂

Do the Best Pray the Best!

Leave a Reply

