Tanya Jawab seputar Beasiswa

Bismillahirrohmaanirrohiim, sekedar menjawab comment2 & email2 yang kadang kala masuk ke blog dan email saya. Banyak diantara kita yang senantiasa melihat sebuah PENCAPAIAN hanya dari hasil akhir Nikmatnya, jarang diantara kita yang bersedia memahami bahwa terdapat mekanisme standar alamiah bahwa ada syarat tuntutan doa dan ikhtiar untuk setiap MIMPI kita.

Berikut saya cuplikan lagi jawaban email saya kepada teman2 yang masih sering lelah dalam berjuang mengejar mimpi Beasiswa -nya. Semoga bermanfaat dan diterima sebagai amal ibadah di hadapan Alloh…amiin :

Assalamumualaikum Wr. Wb.

Email ini saya tuliskan untuk menjawab banyaknya komentar dan pertanyaan atas testimoni saya sebelumnya. Mohon maaf pertanyaannya saya rangkum dan saya sampaikan melalui mailist ini (insyaALloh tidak ada pertanyaan yang pribadi kok) mudah2an bermanfaat bagi anggota yang lain. Juga buat banyak temen2 lain yang telah sukses memperoleh beasiswa di luar negeri silahkan lho ngasih tambahan jawaban atas pertanyaan2 tersebut (sebab jawaban saya hanya terbatas pada pengalaman dan pendapat saya aja:)

Pertama kali saya ucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang sudah berkenan memberi selamat, komentar maupun pertanyaan ke saya…wuih..pertanyaannya banyak dan sulit2 !🙂 Salam salut juga saya sampaikan ke Mailist ini dan moderatornya saya membuktikan Mailist Beasiswa ini memang mailing paling populer di Indonesia untuk info beasiswa: hanya dalam 2 hari setelah testimoni di Milist ini blog cerita pengalaman beasiswa saya (tonydwisusanto.wordpress.com) yang biasanya hanya diakses 32 orang langsung melompat diakses lebih dari 1100x!!! Selamat buat temen2 moderator!

Langsung saja menjawab pertanyaan ya:

“apa latarbelakang disiplin ilmu anda dan apa bidang kajian yang akan anda tekuni dalam program Phd ALA ?

Jawab: Alhamdulillaah latar belakang S2 saya Teknik Elektro spesialisasi Sistem Komputer & Informasi mas….Kajian saya untuk PhD saya Mobile Technology untuk E-government

1. Apakah saya perlu melamar sebagai visiting researcher dll dulu sebelum ngalamar beasiswa sekolah spt mas / langsung saja ?

Jawab: Mbak Novi, saya selalu percaya kalo “Menjaring Ikan” itu lebih besar peluang dapet ikannya daripada “Mancing ikan” jadi Lakukan saja semua usaha secara Bersama2 insyaALloh peluang rizqinya lebih besar (kirim semua aplikasi yang ada: ya visiting researcher, ya beasiswa, ya yg ada dech pokoknya apply aja….jangan mendikte urutan rizqi Alloh ya🙂

2. Saya kok tidak PD nglamar langsung s3 LN, apakah daftar s2 lagi aja ato bgmn saran mas?

Jawab: di-PD2in aja mbak Novi…lamar S3 langsung aja! kalo pas doa mohon tuntunan Alloh biar “disiapkan” untuk S3 kita insyaAlloh dalam pengalaman saya nanti Alloh akan memberikan takdir2 yang membuat kita makin PD dan siap untuk S3. Sama kok saya dulu juga nggak PD, tapi modal saya cuman nekat aja ama mau belajar cepet2.

3. Jalur awalnya bagaimana dulu mas bagusnya, kontak profesor dulu ato cari skema beasiswanya dulu ?

Jawab: Perbanyak kontak profesor dulu..tapi bukan berarti terus nggak nyari skema beasiswa…jadi bisa bareng. Biasanya kalo kita dapat profesor dulu peluang beasiswa lebih mudah (beberapa beasiswa mensyaratkan kita punya supervisor dulu)

4. (mungkin ini yg terpenting) Dari blognya, mas spt bisa memaintain semangat utk terus mencari beasiswa baik utk sekolah, visiting researcher/lecturer, dll. Semangat saya timbul tenggelam, apalg kl ada hambatan2. Bagaimana tipsnya memperthankan motivasi ini ya (maaf mungkin klise).

Jawab: Mbak Novi, sama semangat saya juga turun naik, sering PD tapi sering juga rendah diri dan hampir putus harapan, itu memang karakter kita sebagai manusia mbak..wajar…hanya kalo saya begini: perbanyaklah DOA karena melalui doa kita mengakui bahwa kita HAMBA SAHAYA yang tidak memiliki kuasa apapun akan takdir hidup kita, kita benar2 menyerahkan semua urusan dan hajat kita kepada ridlo Alloh..dan bagi Alloh pencipta dan penentu setiap kejadian APAPUN BISA TERJADI (bahkan dalam keyakinan saya, dengan doa dan amal yang sungguh2 Alloh Maha Mutlak untuk memberi kita beasiswa meski mungkin sebelumnya kita tidak “tertulis” memperoleh beasiswa). Yang kedua Setiap kalo kita berDoa setiap kali pula secara psikologis kita BERBICARA KEPADA DIRI SENDIRI, mengingatkan tekad kita dan menyalakan lagi semangat keinginan kita, coba mbak Novi hitung kalo doa kita sehari 5x maka 5x pula kita mengingatkan diri kita akan target Beasiswa kita. Yang ketiga, selalu ucapkan cita2 Beasiswa kita ini acapkali kita ngobrol dengan orang lain, bukan untuk sombong tetapi untuk menyemangati diri sendiri dan berdoa..jadi saya sering kalo ngobrol beasiswa saya selalu ngomong “ya Teman…insyaALloh mudah2an sesudah PhD ini Alloh menganugerahkan saya rizqi Post doctoral …amiiin” ingat mbak setiap omongan bisa berupa doa jadi hati2 tiap kita ngomong, kita khan sukanya malah berdoa sebaliknya khan saat ngobrol dengan teman seperti “..nggak tahu lah..kaya’nya saya nggak bakalan dapat beasiswa” ..nah lo ati2 kalo pas malaikat ikut mengaminkan. Pokoknya banyak doa minta beasiswa dech…pas naik motor, habis sholat, ngobrol, nyapu, dll kita nggak tahu kapan Alloh mengabulkan doa kita ini

5. Dari blognya, implisit bhwa kalo qt berusaha dg cerdas & tdk menyerah & berdoa insyaAllah kesempatan beasiswa akan datang. Mungkin seperti itu ya mas ? (Maaf ini mungkin menyemangati diri :-))

Jawab:…..InsyaALloh Mbak Novi…. pokoknya kuncinya: Kenali Hukum Sebab-AKibat Alloh (Fisik-Non Fisik), penuhi Hukum itu, Keep Trying & Keep Praying! Selalu Ridlo dan Berprasangka baik akan takdir Alloh.

1. Sewaktu apply ke ALA tempo hari, test toefl yang digunakan IBTatau paper based test?

Jawab: saya cuman pake TOEFL Institutional yang bayarnya 250 Ribu rupiah itu lho mas

2. Mohon juga trik meningkatkan skor toeflnya karena toefl IBT saya tertinggi baru 533.

Jawab: sama mas..saya juga punya masalah TOEFL…kalo pengalaman saya memang lebih cepet nilai TOEFL meningkat kalo kita Sering Latihan Soal secara sungguh2 (pake batasan waktu) terus mencatat setiap pola soal TOEFL yang khas.

3.Mohon juga info beasiswa yang ada di flinders univ untuk orang indonesia .

Jawab: mas buka aja di blog saya terus klik di link Beasiswa Flinders kolom sebelah kiri

1. Langkah2 yang paling efektif dalam mencari beasiswa ke luar negeri. apakah langkah awalnya adalah Test TOEFL dulu selain menentukan negara tujuan dan jurusan? karena setau saya dalam mengisi setiap application form yang ada di berbagai University , pasti akan ditanyakan berapa score TOEFL/IELTS/GMAT.


Jawab: menurut saya tes TOEFL/IELTS syarat pasti yang harus dicapai sambil mencari peluang info beasiswa, jadi maksud saya lakukan bareng aja…terus latihan tes TOEFL ama nyari info beasiswa jangan satu2 kelamaan


2. apakah TOEFL prediction test di institusi tertentu seperti EF, ILP, dll. bisa dipakai sebagai pengganti TOEFL score yang dikeluarkan oleh ETS dan berlaku di semua universitas di luar negeri?


Jawab: tergantung syarat beasiswanya mbak..contoh kalo temen saya waktu di Arab hanya pake TOEFL like tapi kalo secara tertulis mintanya Intitutional atau International TOEFL ya harus itu


3. TOEFL score dari ETS apakah bisa dipakai juga di negara2 seperti Australia , UK yang umumnya menwajibkan IELTS sebagai syarat English test? atau meskipun sudah punya TOEFL score, tetap harus mengambil IELTS test lagi dalam artian TOEFL tidak bisa dipakai di negara tersebut?

Jawab: dalam kasus saya, saya diterima ALA pake TOEFL mbak dan nggak harus tes IELTS yang mahal 2 juta an🙂
4. setahu saya untuk mengambil gelar MBA, salah satu syarat adalah harus melalui GMAT test. Apakah hanya diperlukan GMAT saja? atau GMAT dan TOEFL atau GMAT dan IELTS?

Jawab: wuaduh..saya nggak pengalaman tes untuk MBA mbak..mungkin temen2 lain/moderator bisa jawab🙂

yang terakhir kalau boleh tahu, dalam kurun waktu 5 tahun mencoba, sudah berapa banyak yang di-apply? ini bisa menajdi motivasi buat saya juga, supaya tidak gampang putus asa =)

Jawab: ….malu benernya…Beasiswa IATSS-Japan : apply 2x baru dapet, Beasiswa BPPS: 1x apply dapet, Beasiswa Assistantship KSU-Arab: 1x apply dapat, beasiswa Visiting Researcher: kebetulan aja dikasih🙂 , Beasiswa PhD: 3x apply ADS gagal! 2xapply APS gagal terus!, 2x apply EPA gagalterus!, 2x apply EIPRS gagal terus!, apply Fullbright 2x gagal terus! apply ALA 2x baru berhasil jadi total apply untuk PhD baru berhasil setelah 11x Apply!!! :)) Alhamdulillaah

1.maksud, anda s1 yang dibungkus s2 dengan research assisten itu seperti apa??


Jawab: S1 saya kurang laku mbak kalo buat nyari beasiswa maka saya ndaftar S2 dalam negeri Jurusan yang “keren” (banyak tawaran) beasiswa


2.syarat dapet phd ke aussie mmg denger2 boleh dari s1 (bachelor degree), tapi apakah ada syarat khusus?kebetulan dosen saya dari aussie juga, blw bilang ada tapi dulu (tahun 82an dia dpt beasiswanya), syaratnya klo dulu harus course work dulu 1 tahun, klo lulus baru research program..apa memang spt itu?

Jawab: wuaduh kalo dari S1 langsung ke S3 biasanya S1-nya dari universitas tersebut atau internasional terus memang prestasi IPK nya perfect dan tawaran penelitiannya sangat menarik untuk Universitas itu dan sekualitas S3. disini memang ada S2 coursework yang hanya 1.5 tahun.

3. anda dptnya research program??, boleh cerita gak, perjalanan cari supervisor hingga dpt seperti apa?

Jawab: mbak Aida buka blog saya aja baca cerita saya di “Pengalaman & Tips memperoleh Fellowship Visiting Reseracher” ya Mbak

4. klo gak salah beasiswa ALA itu mensyaratkan tidak boleh merit??, dari cerita anda istri anda dpt beasiswa s2 juga??nah kebetulan harapan saya juga demikian…yg saya mau tanya apakah boleh??

JAwab: BOLEH NIKAH donk…hanya nggak ditanggung keluarganya..apalagi biaya pernikahannya🙂

oh ya, maaf juga saya agak bingung panggil anda apa??secara di email ada 2003 saya gak faham apa mungkin anda ank 2003?? berarti dibawah saya??saya 2001. nah tapi juga..anda cerita nyrai beasiswa tahun?? apa mungkin, soalnya anak 2003 barusan aja lulus kan??JAwab: biasanya temen2 dan mahasiswa saya manggilnya “mas” mbak..tapi kalo MAHASISWI manggil saya “Kangmas”🙂

Nb: Ada beberapa pertanyaan lain yang sejenis mudah2an dapat mewakili…buat temen2 lain mungkin ada yang mau nambahin..silahkan,
sekali lagi terima kasih dan mohon maaf atas kekurangan/kesalahan yang ada

Yours,
Tony Pelita Hati

tonydwisusanto.wordpress.com
PhD Student
School of Informatics & Engineering
The Flinders University of South Australia

9 Responses

  1. Selamat Bos, dongamu wis ada jawaban….

  2. Alhamdulillaah…matursuwun mas, percaya aja Alloh Maha Mutlak, nggak ada yang nggak mungkin bagiNya karena setiap kejadian (takdir) hanyalah ketentuan/kehendakNya semata. Mudah2an ketrima UMPTN S3-nya🙂

  3. saya minta info beasiswa untuk akuntansi thn 2009 karena insya allah saya lulus thn 2009 ada ga yah tolong informasinya ! syukron jazilan li husnika

  4. Halo Mas Jack…update peluang beasiswa saya udah nggak gitu rajin lagi je :O But maybe Mas bisa klik links websites Beasiswa di kolom kiri blog saya ini. Sukses ya!

  5. Asslm…,mas tolong dong kasih tips all about beasiswa ADS S2, saya tu belum PNS jhee, katanya kansnya kecil ya? bukan dari indonesia timur lagi?hiks..hiks..jadi pingin sedih, he he he!!! masih katanya lagi, saat apply, sertifikat toefl boleh yang toefl-like tho? (coz mau tes yg ITP cukup memberatkan apalagi yg iBT/CBT) Wasslm…

  6. Halo Mas Anggara, kebetulan rizqi saya bukan ADS (saya mental terus di ADS nyampe lebih dari 3x apply🙂 ) , Alhamdulillah Alloh malah ngasih yang insyaAlloh lebih baik. Menurut saya, modal awal yang terpenting adalah menjaga Harapan mas (Optimis ‘berusaha’)..maksimal doa & Ikhtiar dan selalu nambah nilai lebih ama memenuhi syarat beasiswa (ct: tes toefl terus sampai syarat 500 atau 550 terpenuhi, dll). Alhamdulillah saya hanya pake TOEFL like mas ketrima juga, saya hanya dosen swasta dan IPK S1 saya hanya 2,85 itupun dari jurusan yang beda. Iktiar & maksimal mas..sukses ya!

  7. subhanallah, mantep bener mas ceritanya..
    kalo kerja di persh swasta kans dapat beasiswa gimana ya mas?
    kemaren2 ikhtiar nyoba tes di departemen2 negeri blom ada yg ketrima nie😀
    dulu s2-nya beasiswa ato biaya sendiri mas?
    Jazakallah,,

    • mbak Isnaini…insyaAlloh bisa lah saya kan juga swasta..S2 sya dulu beasiswa BPPS mbak..kalo pengin dapat lebih banyak tips dapet beasiswa kunjungi website Motivasi Beasiswa di http://motivasibeasiswa.org dan gabung ama Facebook group “motivasi beasiswa” sukses ya mbak!

  8. Assalamu’alaykum.. Mas Tony, salam kenal.. nama saya Alamsyah.. saya alumni STKS Bandung tahun 2011 dan saya ada impian untuk bisa melanjutkan pendidikan (S2) di luar negeri, dengan kondisi perekonomian orang tua yang tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah saya, makanya saya berikhtiar untuk mencari beasiswa yang dapat menunjang perkuliahan saya nantinya.. oy Mas.. saat ini saya sedang mencoba daftar beasiswa “british chevening” via online application form.. tapi terus terang saya kurang pede “ini pengalaman pertama alam” untuk mengisinya soalnya beberapa pertanyaan mmbutuhkan jawaban yang mendalam dan tentu saja harus benar2 memikat tim seleksi.. klo diperbolehkan dan jika ada saya mau copy contoh aplikasi form yang mungkin pernah Mas ajukan untuk beasiswa chevening jika masih ada.. deadline untuk pengajuannya tgl 15 januari.. terima kasih Mas sebelumnya.. Jazakallahu khair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: