Program NYUSUKI

hayo gimana bikin program Nyusuki (kaya’ di Vending Machine) pake Java….

Contoh: Mesin harus ngembalikan uang 85 sen padahal ada koin 25-an, 10-an, 5-an, dan 1-an

gimana mesin bisa tahu harus ngembalikan 3 koin 25-an + 1 koin 10-an + 1 koin 5-an
Benernya ini khan logika biasa banget ya bagi kita manusia: biasanya ‘Algoritma’ cara mikir kita khan gini ya...”o harus ngembaliin 85 sen to, kalo aku kasih coin terbesar (25 sen) masih kurang berapa ya?…kalo kurangannya itu aku bayarin pake koin terbesar kedua (10 sen-an) masih kurang berapa lagi ya?…kalo kurangnya aku bayar pake koin 5 sen-an kurang sisa berapa lagi ya?..ya udah sisanya aku bayarin pake 1sen-an aja…”

Gini nih Program “nyusuki.java” nya

public class nyusuki {
public static void main(String [] args)
{

int susuk, coin25,coin10, coin5,a,b,c;

System.out.println(“Total Kembaliannya Berapa?: “);
susuk=SavitchIn.readLineInt();     //class SavitchIn ini bikinan lho

coin25=susuk/25;
a=susuk%25;

coin10=a/10;
b=a%10;

coin5=b/5;
c=b%5;

System.out.println(“Jadi Coin Kembaliannya: “+coin25 +” Coin 25an, “+coin10 +” Coin10an, “+coin5 +” Coin5an, “+c +” Coin1an”);
}

}

Guampang ya ….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: