Critical Thinking: saat MEMBACA & MENULiS

thinking.jpgSalah satu definisi Critical Thinking adalah “Kemampuan untuk memberikan ALASAN (argumentasi, pembenaran, bukti-bukti) secara Objektif untuk suatu pendapat akademik, atau dengan kalimat lain dapat dimaknai ‘strategi untuk mempengaruhi & meyakinkan orang lain‘.

Oleh karena seseorang yang menyatakan/menulis sesuatu dengan Critical Thinking pastilah melibatkan media-media argumentasi seperti:

alasan

bukti nyata

struktur penyampaian secara logika

– pemilihan kata/bahasa yang sesuai

– menyampaikan batasan masalahnya .

Termasuk dalam tindakanCritical Thinking saat kita membaca/menulis/menyatakan sesuatu adalah:

1.kemampuan meng-ANALISIS –> Membandingkan dan Membedakan

2. kemampuan me-NILAI

3.kemampuan meng-KRITIK/mengEVALUASI ataupun menDUKUNG

————————————-

1) Saat MEMBACA suatu artikel: …….membacalah dengan “aktif” –> Argument Analysis

– Cari dan fahami apa Claim/Thesis nya?

– Cari dan kenali apa saja Argument-nya untuk mendukung/meyakinkan claim/thesis penulis tersebut? biasanya argument ini berupa pernyataan-pernyataan yang saling terhubung dan berakhir pada sebuah Kesimpulan, atau biasa juga dalam bentuk alasan-alasan dan bukti-bukti untuk mendukung/meyakinkan claim/thesis.

Nah…saat kita sudah menemukan Argumen-Argument-nya JANGAN LANGSUNG PERCAYA bahwa itu benar!!!

coba kaji dulu:

– Gambarkan dulu pola arguments-nya

– Kaji apakah pernyataan ‘Premise’-‘Premis’ memang sudah benar?

-Benarkah struktur LOGIKA pengambilan kesimpulannya?

-apakah Sumber informasi yang diacunya benar-benar shahih?

-apakah Hasil Penelitian yang ditemukan memang akurat dan benar dalam INTERPRESTASInya? apakah dapat diinteprestasikan lain??

– Pikirkan SUDUT PANDANG yang BERBEDA, mungkin ada komponen-komponen lain yang hilang atau patut dipertimbangkan? Mungkin bisa disimpulkan berbeda?
-Kaji BUKTI-BUKTI yang disampaikan, kaji RELEVANSInya terhadap claim/thesisnya, dan kaji bukti tersebut kuat/lemah? Apakah ada sumber bukti/informasi lain yang KONTRADIKSI dengan bukti/claim penulis tersebut?

-Kenali apakah ini PENDAPAT penulis, ALASAN PEMBENARAN, atau FAKTA?

-Apa ASUMSI-ASUMSI dalam argument tersebut dan pengaruh batasan asumsi itu bagi kesimpulan yang diambil?

-akhirnya: APAKAH SAYA SETUJU dengan penulis? dan Mengapa?

ingat Konsep KEBENARAN menurut manusia:

KEBENARAN <– (menuntut) BUKTI EMPIRIS <–Observasi / Penelitian / Statistics

< –(atau menuntut) MASUK AKAL <– melalui konsep pengambilan keputusan DEDUCTIVE atau konsep NON-DEDUCTIVE (meliputi INDUCTIVE, PROBABILITY, INFERENCE, & ANALOGY)

—————-

2) Saat MENULIS suatu artikel: …….menulislah dengan “kritis dan meyakinkan” –> Argument Contruction

– Apakah ISSUE-nya? apakah issue ini memang benar-benar issue? sudahkah saya membaca banyak data/informasi/paper/penelitian sebelumnya sehingga yakin bahwa hal ini layak sebagai issue?

– Apakah THESIS/Claim/Kesimpulan saya terhadap issue itu?

– Bagaimana saya bisa sampai pada mengambil kesimpulan/thesis/claim seperti itu? apa ARGUMENT-ARGUMENT saya (bukti/data, alasan/logika)? Sudahkan benar? Sudahkan saya baik dalam menyampaikannya?

– Asumsi apa yang ada? validkah?

– Apakah saya sudah memikirkan dan menuliskan pendapat yang KONTRADIKSI dengan claim/thesis/kesimpulan saya? Mengapa pembaca harus lebih cenderung mendukung thesis saya dari pada pendapat kontradiksi tersebut?

– Mungkinkah ada PENDAPAT LAIN (tambahan)? apa yang hilang?

Terakhir…teliti lagi setiap paragraph tulisan kita: APAKAH MEMANG PARAGRAPH ini DIBUTUHKAN? apa FUNGSInya?…PARAGRAPH apa YANG KURANG?

Yuk Baca & Nulis secara Aktif, Cerdas & Kritis!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: