Husnudzon-lah!…Bisa jadi Ini Jalan menuju Doa Permohonan kita

road.jpgJangan berpikir sempit, karena mekanisme takdir Alloh tidaklah sempit. Jangan su’udzon kepada Alloh, karena bisa jadi takdir ini adalah tahapan Alloh mewujudkan doa permohonan kita. Masih ingat peribahasa “Banyak jalan menuju Roma”, begitu juga takdir “Alloh Maha Kuasa dan Maha Pandai dalam merancang takdir-takdir kita”. Selalu berusahalah keras untuk selalu BERPRASANGKA BAIK terhadap Alloh…ingat “Aku seperti apa yang hamba-Ku sangka”, namun untuk memastikan bahwa takdir ini karena Alloh sayang dengan kita maka perbanyaklah transaksi-transaksi kebaikan dengan Alloh. Alloh telah berjanji pasti akan membalas berlipat-lipat setiap kebaikan yang kita haturkan kepadaNya.

Sebagai contoh apa yang saya buktikan:

Sejak tahun 2003, semenjak saya menyelesaikan Master saya di Teknik Elektro-UGM telah berpuluh-puluh email saya kirimkan kepada banyak professor di Eropa dan Australia meminta mereka sebagai calon Supervisor saya, 3x kali mencoba mengirim aplikasi ADS, 2x saya apply APS, 2x saya apply EIPRS, 2x saya apply EPA, 2x saya apply Fulbright, dan 2x saya apply ALA. Sering kita melihat seseorang hanya saat Keberhasilannya…banyak pendapat seseorang begitu mudah memperoleh keberhasilan tanpa banyak orang mengetahui perjuangan berat dan ikhtiar serta kegagalan yang berkali-kali ia alami menuju keberhasilan itu.

Yang harus selalu diingat bahwa:

Logika Takdir Manusia bukanlah yang menentukan…tapi Kuasa Alloh yang Mutlak yang Menentukan Takdir kita!!!

Tahun 2006, saat saya telah menerbitkan 3 paper International dan dicalonkan School of Informatics Engineering-FLinders University untuk bersaing memperoleh beasiswa EIPRS ditingkat Universitas sebagai calon urutan no 1 dengan memperoleh full dukungan dari Head of School. Secara logika manusia, “harus”nya saat itu saya nggak pulang ke Indonesia dan langsung memperoleh beasiswa meneruskan PhD….namun..Alloh menunjukkan kuasaNya…Saya belum dapat Beasiswa PhD dan harus pulang ke Indonesia sebagai dosen biasa kembali.

Aneh…Lucu…Panjang…dan Mengagumkan….Desain takdir Alloh dalam mewujudkan doa permohan PhD Luar Negeri saya:

PhD Luar Negeri <– ALA Scholarships <– Research Assistant KSU-Saudi Arabia <– Visiting Researcher & Lecturer <– Isteri S2 ADS < — ….

Alloohu Akbar!! Alloh Maha Mutlak! Alloh Maha Pemurah dan Maha Penyayang!!! Alloh PASTI mengabulkan setiap permohonan hambaNya!!! Buktikan! Semuanya hanya butuh KESABARAN, IKHTIAR (Mekanisme Takdir Fisik & Non Fisik) dan PROSES.

10 Responses

  1. Selamat Pak atas bursary-nya…
    Ya, kita emang kadang suka su’uzhon ama Yg Di Atas.
    Takdir Allah adalah yg terbaik meski kadang kita susah utk menerimanya…

  2. Hai Tony,
    Pakabar, tambah kerasan aja di Aussie ya.
    Aku sempet baca sekilas blogmu. Seru juga nih kisahmu, ga cuma proses pencarian cita2 PhDmu tapi perjuangan untuk menjadi kepala keluarga. Aku ikut salut krn ceritamu bisa menjadi inspirasi banyak orang, dan aku yakin kedua anakmu pasti akan merasa bangga dengan bapak-ibunya.

    Gue link blogmu di blog aku ya.Biar setiap waktu aku bisa dapat storymu yg plng update.Btw, cerita ttg anak2mu disana donk.
    Salam buat istrimu.

  3. Aslkum….

    Pak Tony, salam kenal. Saya Dillah, baru saja masuk Canberra 3 bulan yang lalu untuk memulai kuliah di University of Canberra (alhmd, juga dapat beasiswa Master of Technology dari Depdiknas, BPKLN). Saya senang sekali membaca berita di Blog Bapak. Memang benar kata Bapak, kita berusaha ALLAH yang menentukan. Semangat Bapak menggebu-nggebu untuk mendapatkan beasiswa (11x apply ya?). Untuk itu saya sampaikan selamat kepada Bapak, Selamat datang di Australia, Selamat datang kepada keluarga Pak Tony dan juga Selamat memulai belajarnya.

    Nanti kapan-kapan kalau saya main ke Adelaide, boleh ketemuan sama Bapak? Sekedar silaturahmi dan sharing ilmu… (kalau Bapak berkenan)

    Wslkum…

  4. Ok Dillah..boleh aja seneng nambah silaturrahmi..insyaAlloh nambah rizqi Alloh🙂

  5. very inspiring mas Tony..Salam hangat..

  6. betul nih, matur nuwun atas nasehatnya

    kalau kita berprasangka buruk sebenarnya “ndisiki kerso sing gawe urip yo”. kita kan nggak tau apa yang akan terjadi?

    jadi berprasangka baik aja, alias positive thinking. “Allah itu sesuai prasangka hambaNya.”

    PS: mohon maaf atas kesalahan

    agus

  7. Sama-sama mas Agus, saya juga sudah mengujungi blog panjenengan untuk belajar Web Development🙂 Salam buat keluarga..khususnya keluarga Bantul (satu daerah dengan saya:) )

  8. subhaanallah…
    Semoga takdir baik Allah selalu hadir dalam setiap langkahku juga… Aamiin🙂

  9. Subhanallah. Smga semangat ini yg akan menuntun langkahku.Amin..Thanks🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: