Brakkk! Pintu mobil yang terbuka ditabrak mobil dibelakang kami

car.jpgYa Allooh…baru 1 jam yang lalu Engkau berikan hikmah yang luar biasa bagi hamba. Meski bukan hamba yang salah, namun jantung ini masih juga berdebar.

Pulang dari Sekolah Indonesia Riyadh dalam rangka membantu mereka mempersiapkan lomba seni dan ilmiah antar Sekolah Kedutaan Indonesia seluruh dunia, kami (saya dan Pak Beuna, temen saya dari LIPI+Aceh) dianterin ama Pak Mustaqim dan Pak Yudi 2 orang guru SIR yang baik hati. Baru saja kami membicarakan tentang kenekatan orang arab dalam mengemudi…mobil kami berhenti, kami berdua berpamitan dengan beliau berdua di dalam mobil. Dengan reflek, Pak Beuna membuka pintu sebelah kiri tanpa melihat ada tidak kendaraan di belakangnya. Mungkin karena kebiasaan di Indonesia, buka pintu kiri tidak berbahaya, tapi di Arab jalan di sebelah kanan jadi membuka pintu kiri adalah momen yang harus diwaspadai.

BRAKKK…Pintu kiri mobil yang terbuka ditabrak Spion Mobil yang melaju dibelakangnya. Patah dan jatuh…Supir Arab itupun mendatangi Pak Beuna yang lemes duduk di depan pos Satpam KSU. “Fuluss..!” Sopir itu meminta uang pengganti. Saya mencoba berjalan menjauhi mencari Pak Mus dan Pak Yudi yang sedang memarkirkan mobil, siapa tahu ada masalah dan mereka bisa membantu.

Beuna yang lemes (dan saya yakin sangat deg2an) tidak bisa berkata apa-apa. “I don’t have any money, I am just student”, jawab Pak Beuna tanpa daya. La khaula wa la khuwata ila billaah….hanya Alloh yang menggerakkan hati setiap makhluk. “I am also student here”, sopir itu menjawab…namun Alhamdulillaah segera berlalu sambil sedikit mengomel menghampiri teman-temannya.

Pak Yudi dan Pak Mus segera menghampiri. Namun karena semuanya berlalu “tanpa masalah” kami pun memberanikan diri berlalu memasuki kompleks asrama KSU meski Pak Beuna sempet dinyata sedikit oleh Satpam KSU.

Wuiiih…………. Alloh…..syukur Alhamdulillaaah kejadian itu berada di kompleks KSU, Alhamdulillaaah sopir itu juga student KSU yang tahu kondisi keuangan tiap-tiap mahasiswa, Alhamdulillaah Sopir itu berlalu tanpa masalah lanjutan…Alhamdulillaaah semua ini tidak terjadi padaku.

Ya Alloh….baru saja kejadian ini mengingatkanku akan cerita dan pesan-pesan kejadian kecelakaan yang melibatkan orang Indonesia di Arab Saudi. “Orang asing di sini, termasuk Indonesia, jika menabrak atau ditabrak pasti menjadi pihak yang bersalah. Jika tidak punya SIM, pasti salah dulu. Jika tidak punya asuransi kendaraan, salah juga. Jika menabrak, pasti salah. Termasuk jika ditabrak juga salah😦 Milih naik motor saja, resiko mati ditabrak orang Arab yang ugal2an nyetir.

Kejadian 1 jam lalu, mengingatkanku bahwa benar-benar saya merasa TIDAK AMAN berkendaraan di Saudi Arabia. Penjara, polisi, dan denda besar adalah resiko yang pasti. Ya Allooh, tolonglah dan jagalah kami…

Amiiin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: