Tentang Penulis

Tony Photo Saya, Tony…Bapak Ibu saya memberi nama lengkap Tony Dwi Susanto…Nama komersil saya Tony Pelita Hati🙂

Saya lahir dari seorang rahim ‘Bakul’ warung kampung Semaki Kulon, kampung kecil di barat Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Bapak saya hanyalah pensiunan PNS proyek Gunung Merapi. Meski dari latar belakang ndeso, namun saya sangat bangga dengan beliau berdua. Saya bangga menjadi anak Bakul, karena sejak kecil saya dilatih untuk menghargai uang, berhemat dan suka berwirausaha. Saya bangga menjadi anak seorang PNS yang baru memperoleh gelar S1-nya diusia ke 52 tahun. Yach…Bapak saya yang hanya tamatan STM baru memperoleh kesempatan sekolah politeknik di Teknik Mesin ITB tahun 1979. Saat itu meski usia Beliau telah mencapai 50 tahun tidak menyurutkan cita2nya untuk mengambil dan menyelesaikan pendidikan S1. Bapak saya, tokoh di hati saya yang selalu meyakinkan saya bahwa saya dilahirkan “istimewa” dan “pasti” menjadi BESAR.

Saya, satu dari 4 bersaudara: Setyawan Tiada Tara (Elbeha, Plat AB), saya, Ustadz Sigit Yulianta, Seno Novianta. Saya bahagia lahir di sebuah keluarga dimana kepercayaan dan kebebasan diberikan kepada anak2nya untuk memilih dan bertanggung jawab terhadap masa depannya.

Saya, yang sejak SD polos…belajar..juara 1 SD Tukangan I Yogya dan Juara 1 Kelas 3 SMPN 5 Yogya, memasuki masa SMA (SMAN 1 Yogya) bertekad ingin mencoba semua dunia: kelas 1 mencoba pentas Lawak dan terpilih sebagai “Aktor Terbaik” dan Juara 2 Grup, kelas 2 menjadi Koordinator Tonti dan aktif di Kerohanian Islam, Kelas 3 mulai mencoba mengisi acara radio..hingga rangking saya terjun bebas dari 10 besar kelas menjadi rangking 24😦 Alhamdulillaah, berikutnya dengan tekad kuat saya dibangkitkan oleh Alloh: UMPTN pilihan 1 Teknik Nuklir UGM saya diterima! …ya Teknik Nuklir, kenapa ya dulu milih jurusan itu. Wawasan yang terbatas, menjadikan saya memilihnya (meski insyaAlloh saya memiliki kemampuan memilih jurusan yang jauh lebih favorite). Sejak SMP saya ingin bekerja di PLTN, saat itu PLTN direncanakan dibangun tahun 1996 dan berdiri tahun 1998 pas saat saya lulus S1 pikir saya… Namun inilah kenyataannya saat saya lulus S1 ditahun 1998 Reformasi bergulir, Suharto turun dan berakhirlah seluruh rencana pendirian PLTN di Indonesia. Tinggal saat itu, Saya, seorang Sarjana Teknik Nuklir dengan IPK pas-pasan 2,85 dengan kemampuan bahasa English yang broken. Saya, yang sangat percaya diri meski kemampuan dan wawasan sangat tidak berarti. Pengalaman mendirikan bimbingan belajar kecil “Teladan Scientica” sebuah usaha bimbingan belajar alumni SMA 1 Yogya yang nggak juga maju-maju juga tetap merupakan sebuah “prestasi” besar buat saya. Menjadi koordinator grup lawak “Slunik” yang beranggotakan alumni SMA 1 dan langganan pentas dibuka tutup tahun di kandangnya sendiri semakin membuat saya terlena. Saya, merasa telah berbuat banyak…meski semua itu bukan apa-apa bagi masa depan saya. Saya, yang super sibuk akhirnya memutuskan untuk lulus S1 ditahun 1998.

Dasar, wawasan dangkal…baru saja lulus tes pendadaran, bukan pekerjaan nasional yang saya incar tapi malah iklan lokal KR yang saya lamar. Saya melamar “Internet Gadjah Mada”..wuih keren banget namanya! ternyata hanya sekedar nama, karena pemiliknya pun nggak ngerti apa itu Internet. Tahun 1998, pekerjaan formal pertama saya: Manajer Bimbingan Belajar “Internet Gadjah Mada”! Kereen…pake’ dasi, sepatu mengkilat, seragam, ruangan sendiri, 1 orang bawahan dan kerja tertib: masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore. Hebat ya? Tahu berapa gajinya? Gaji pertama saya Rp230ribu…bahkan dilanjutkan bulan berikutnya Rp160 ribu!!! Edaaaan, kok ya tahaaan saya kerja di perusahaan keluarga sekecil itu hanya karena terbalut kata-kata jabatan “manajer” dan seragam. Saat itu saya adalah seekor “katak” yang SOMBONG dan bener2 merasa Gedhe didalam tempurung yang kecil dan bau!

Alhamdulillaah tahun 1999, keberanian dan mental wirausaha saya mendorong saya untuk mencoba usaha sendiri. Mulai dari bisnis mencari dan menjual furniture antik, mendirikan usaha penjualan buku dan software pendidikan (“Indonesian Educational Network”), bimbingan belajar (“Teladan Privat”), Event Organizer (“Teladan Prestasi Ceria”), Marketing short course (“Frontline”), hingga kursus komputer (“Compucare”). Semuanya jalan meski beberapa diantaranya berakhir dengan bangkrut dan saya serahkan ke rekanan bisnis saya.

Satu kebanggaan saya saat itu, tahun 1997-2000 saya adalah salah satu anggota Grup Lawak ELBEHA (Lembaga Bantuan Humor) yang ditahun itu sering nongol di Indosiar dan TVRI Yogya: Pesta, Tertawa Pagi Sekali (TPS), Gebyar BCA, dan program-program lainnya. Beberapa radio swastapun mengudarakan suara jelek saya: Petra FM, Rakosa FM dan RB FM. Bangga, meski sisa tabungan banyak hilang entah ke mana.

Tahun 2000 adalah tahun perenungan buat saya, calon isteri saya saat itu (ehm…ehm) “memaksa” saya untuk mencoba mencari takdir lain, memaksa saya untuk serius mencoba melamar S2 kembali di UGM. yach…mencoba kembali karena 1 tahun sebelumnya saya gagal diterima di S2 Teknik Elektro UGM karena memang sama sekali tidak belajar. Tekad untuk menikah menjadikan saya harus memiliki status kerja. Tapi saya kan adalah seorang “wirausaha”! saya seorang “pelawak”! ternyata ke dua profesi tidak dikenal di mata orang tua. Maka…”Dosen” adalah incaran profesi formal saya . Mengapa dosen? karena tahun itu saya pengin sekolah S2 tanpa membebani orang tua saya yang sudah mendekati pensiun. Uang SPP 3 juta/semester saat itu adalah sangat besar buat mereka.Alhamdulillaaah, Alloh menunjukkan sebuah “hukum alam”: Jika ingin dapat (baca: mudah) memperoleh beasiswa jadilah seorang DOSEN. Tahun 2000 adalah tahun yang sangat istimewa bagi saya. Tahun di mana saya memilih jalan takdir OTAK dan melepaskan jalan takdir LAWAK (“Elbeha”). Tahun di mana terompet perburuan Beasiswa saya mulai. Tahun di mana tekad melompat telah saya ucapkan.

Tahun 2000 hingga kini: saya yang seorang lulusan S1 dari jurusan yang tidak laku dengan IPK pas-pasan 2,85 serta TOEFL mungkin hanya dibawah 450-an, dengan tuntunan dan ridlo Alloh dalam 7 tahun dapat memperoleh 5 Beasiswa, 2 Research Grant, kesempatan belajar di 4 negara, dan 5 paper internasional (jurnal dan seminar) di UK, Cyprus dan Indonesia.

Bagaimana ikhtiar dan jalan Alloh “mengangkat” saya ini, silahkan baca di bagian “Rahasia Beasiswa”. Semoga Alloh melindungi saya dari Kesombongan dan semoga tulisan-tulisan ini dapat menjadi amal jariyah bagi saya.

Amiiin

33 Responses

  1. cak tony, salam kenal yo. aku mbok di add di blogrollnya …😀

  2. boss tony… yg jadi Katak di dalam tempurung itu dikasih nama siapa? he he…

    menakjubkan sekali ceritanya….

  3. Lho Mas, aku lak nembe ngerti to sampeyan iki mbiyen anggota ELBEHA. Padahal, lawak kesukaan saya lho. Lha sing tak eling mek gur jeneng Kelik Pelipur Lara, Rupane wis lali. Hi..hi..

  4. pak Toni, cerita bapak sangat menginspirasi sekali…
    bapak juga salah satu dosen favorit saya…mudah2 an Alloh memberi kemudahan bagi saya, hingga saya bisa mengikuti jejak seperti pak Toni

  5. salam kenal mas. Dulu saya sering ngaji di tempat mas Toni.

  6. Alhamdulillaah salam kenal buat mas Bonbon, Haqy, Dani, Andino dan Jaka mudah2an silaturahmi kita tetap terjaga..amiin sukses & bermanfaat selalu!!

  7. Salam kenal mas Tony,
    Pertama lihat foto mas Tony kok sptnya pernah lihat, eh rupanya memang mas Tony ini seleb toh…terimakasih telah mampir di milis beasiswa shg saya bisa membaca pengalaman-pengalaman mas yang berharga, dikutip boleh ya( kl ngutip kan ga plagiarism), janji ga kan nyontek!!!!. Saya skrg lagi di Melben dr ADS dan my next destination is Japan, doain ya mas..

  8. Assalamu’alaikum
    salam kenal mas Tony..saya dulu mungkin juga pernah liat mas Tony di Indosiar, tapi mungkin nggak ngeh ya… makasih banget info2 tentang hal2 kecil mengenai Australia…kebetulan saya juga dapat amanah beasiswa ADS tahun ini, lagi cari2 info seluk beluk kehidupan disana, biaya hidup yang murah, program study yang bagus dan sesuai dengan background pendidikan dan pekerjaan saya, dsb…sekali lagi makasih

  9. Salut yo Mas…
    Sukses selalu…
    Wah KK beradek dengan setiawan tiada tara tho ?..aku inget dl jamane ma kelik pelipur lara…trus ma Aditya padat karya ada hub.juga ?..
    Sekali lagi salut… dan semoga diterima perkenalan saya ini

  10. Ton, piye kabare suwe ra ketemu…
    Isih kelingan ora…..

    Sukses yo…..

    condro ngasem

  11. Halo Dro’ !!! sama2…dimana kamu sekarang?? aku sll donk inget ama kamu lha wong kamu Landlord-nya Teladan Scientica :)) Salam buat keluarga ya…Blogmu ama blog isterimu udah aku kunjungi juga lho

  12. Ibu Omar,Najmamommy, & papahnyalazuward salam kenal juga ya..mudah2an nambah silaturahmi

  13. mas tony, haru aku membaca kisah suksesmu. saat ini aku juga melakukan hal yang sama akan tetapi saya lakukan dengan menjadi asisten dulu di universitas negeri semarang. namun setelah saya masuk menjadi mahasiswa S2 UGM teknik elektro angkatan 2008 dan sedang menunggu BPPS, saya tidak ngajar lagi di unnes.
    Saya adik dari Dr. Nani Dara Senjawati dosen Ekonomi Pertanian.
    Bisakah mas Tony Membantu saya untuk Mengajar di UPN

  14. mas tony, upload foto klrga mas pas,jamn kecil2 dong…

  15. …salut prosesnya, teruskan cita-citamu nak….
    pulang kampung jangan lupa oleh-olehnya..
    dulu dr australia aku kebagian asbak bentuk bumerang n coklat..
    mungkin tmn2 yg laen mo psn oleh-oleh juga….
    ..nuwun…

  16. Buat Mas Sunardi, Selamat ya dan semoga sukses dengan ikhtiar S2-nya.
    Mbak Susi..iya dech saya simpen usulannya, habis musti balek ke Indo & ke rumah ortu dulu terus nyari2 photo lama & scan..tapi menarik idenya🙂 tapi emang ada yang tertarik ngliat tampang2 jelek kecil kami??🙂
    Bimo Berhati Nyaman “pengusaha besar Kulon Progo” sukses terus dab! jo lali nikah🙂 insyaAlloh buanyak banget kok cewek yang mau ama situ: wis ngguanteng, sugih, terkenal, pengalamanne okeh, tokone akeh, nekat meneh! salam nggo mas Bambang & keluarga!

  17. Mas Tony,
    saya temen mbak Uning waktu di SMP. Saya sudah lama tidak bertemu dengan dia. Bisakah minta alamat email beliau? Terima kasih sebelumnya. Sampaikan salam saya untuk dia. Saya ingin banyak bercerita dengan dia.

  18. Halo salam kenal Mbak Yeni, yah isteri saya bilang Mbak sahabat dia di SMP dulu, coba email dia di uningmarlina@gmail.com

  19. Lam knal aja dab Tony. Aku masih ingat waktu kalian tampil diacara Pesta indosiar bersama mas kelik pelipur lara dan setiawan tiada tara. Tapi aku baru tau kalo mas tony sudah gak gabung elbeha lagi. Skarang mas setiawan juga dah bikin plat-ab. Salam aja buat mas kelik n mas setiawan,mereka semua dah jadi inspirasi bwt aku. Sukses selalu bwt mas Tony pelita hati.

  20. ..amin…7x, saiki nang ndi ki, kliling2 gak nate ngajak heheheh..
    skedar baca2 mampir juga di blogku… nuwun..
    ..oh ya salm balik dr m bambang n m agung.. ki wes pd jadi bapak…
    http://bemorevideos.blogspot.com

  21. Mas pahyi salam kenal juga.

    Hi Bim..alamat blog mu udah ku add di blog ku. Banyak cerita pribadi ya, masa’ cuman nampilin hal teknis aja:) salam buat keluarga

  22. …makasih dah mampir, kmarin tak liat di statisticnya da visitor dr adelide, australia… skarang dsitu po…? smp bingung cah iki nang ndi…
    …cuma buat tmn2 video maker aja cz pada pengen review hard ware baru….

  23. Ya Alhamdulillah…masih di Adelaide South Australia, insyaAlloh nyampe January 2012…insyaAlloh ntar kalo balek ke Indonesia pindah kota lagi🙂 Ajari aku bisnis sesuk ya..eh ..serius ki kalo ada ide bisnis yang bisa dikembangkan bareng dari indo dan Ausie kasih tahu aku, rumahku disini siap jadi branch office Ausie plus kalo butuh2 account2 Bank Internasional aku udah siap🙂 keep in touch dab!

  24. ..eh hpne yg aktif yg mana to?

  25. ..oh ya lupa, skrg http://www.bemorevideos.blogspot.com
    dah tak lengkapi ma software n jogja shoot location..
    ..klo smpt mampir n kasih saran…., nwn..

  26. Aku wis mampir meneh Bim … no Hp ku SMS setyawan wae yo (nggak iso aku tulis di sini🙂 khawatir kakehan ‘fans’ sing SMS/nelpon aku)

  27. ..oks makasih ntar tak nanya setyawan…

  28. wah menakjubkan melihat pengalaman2 pak tony…saya dulu mahasiswa pak toni di UPN VY IF 2000. semoga 4JJ selalu memberi yang terbaik untuk pak tony dan keluarga. amin

  29. Halo Endah..amiin thanks doanya, mudah2an sukses juga buat kamu (amiin)

  30. Mas tony,dbagi donk tipsx. Gmn crx bs dpt beasiswa S2 sdng ipk pas2an spt pngalaman mas tony? Thx..

    • Mbak Desy..tips-nya baca dibagian Menu Kiri “Rahasia Beasiswa” ya..sukses mbak!

  31. Salut sama perjuangan pak toni..nggak nyangka ternyata dibalik seorang pelawak adalah seorang ilmuwan juga…..

  32. Wow, terimakasih banyak mas, sudah membantu saya memberi insprasi dan semangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: