Tips Kelebihan Bagasi di Jepang

plain.jpgMending jangan sok nunjukin kalo bisa bahasa Jepang meski sedikit kalo lagi nglanggar aturan di Jepang. Saat pulang dari selesai IATSS Forum Jepan, di bulan November 2003, tentu tas yang tadinya berangkat sudah berat menjadi semakin berat karena kebanyakan oleh2. Walaaah, bener to…saat ditimbang petugas Singapore Airlines berkebangsaan Jepang itu ngasih tau “eh..loe barang bawaamu kelebihan berat, musti bayar..!” (tentu pake bahasa Jepang yang fasih). “Ha…” bingung aja sambil pasang wajah bodo kita yang memang bodo Bahasa Jepang. Tunggu beberapa saat sampai dia mengulangi info nagihnya. Bertahanlah dengan wajah bodo dan nggak donk mu. Nah…pengalaman saya, petugas jepang itu akan baik hati dan melepaskan kita karena dianggap kita orang yang nggak donk kalo ditagih dan perlu dikasihani. Nah kalo sudah dikasihani dan nggak disuruh bayar baru kamu boleh berterima kasih seperti yang saya lakukan dulu , “Domo Arigatogoshamashita!”….Lho petugas bandara itu jadi gantian bengong

5 Responses

  1. coba deh kl tips ini bisa saya terapin waktu di bandara denmark dulu…hehehe sayangnya mereka pake inggris dan akhirnya terpaksa bayar kelebihan bagasis juga…sekilonya setengah juta ..hiksss jadi buang duit 2 juta cm gara2 kebanyakan beli buku dan oleh2.hehehehe…..smngt mas…

  2. saya bayar Rp 1,2 jeti utk excess baggage Osaka-Bangkok-Jakarta *nangis darah*

    perlu trik khusus dan jitu supaya bisa lolos… fufufu…

    *ngga mau bagi2 rahasia*

    *pingsan*😀

  3. ya ampun…. 2003… tahun kemenangan Hanshin Tigers😀

  4. Tapi bgmn utk kisah perawat yg ingin kerja diRumahsakit sana?saya dapat tawaran utk kerja hookah di King Fadh Riyadh private hospital, kerjasama kampus UI dan AMRI (PJTKI legal).

  5. Mbak Anna, sebatas pengalaman saya yang hanya memilih 3 bulan tinggal disana, menurut pendapat saya:
    1. Pastikan dahulu semua kontrak jelas dan tertulis di awal, karena jika sudah berangkat dan masuk Saudi “tidak bisa” keluar lagi tanpa seijin Perusahaan yg mengontrak
    2. Siapkan mental dahulu untuk budaya dan lingkungan yang berbeda.
    3. Hemat saya jangan ambil kontrak panjang dulu, kalo bisa sependek mungkin agar mbak bisa merasakan pengalaman sendiri dan mengambil keputusan sendiri.
    4. Jangan lupa sholat istikharoh, mohon petunjuk terbaik Alloh.
    Mudah2an diberi yang terbaik, amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: