Hidup ~ Memancing Ikan

Nggak tahu kenapa, malam ini saya ingin mengikatkan sebuah hikmah yang saya sadari saat saya memancing ikan sebulan yang lalu. Sebuah pengalaman yang luar biasa buat saya, bukan hanya karena selama ini saya belum pernah bisa memancing ikan seBESAR ikan di Murray River-Goolwa (South Australia) ini, tetapi kejadian memacing ikan ini tiba-tiba saja mem-fash back -kan dua buah mimpi saya. Dulu…jauh sebelum saya memperoleh beasiswa ke Arab dan Australia, dua kali saya sempat bermimpi. Dalam tidur malam itu saya masih ingat, saya bermimpi berada disamping sebuah sungai yang airnya jernih. Bukan sungai, tapi tepatnya seperti Selokan. Jernih dan tidak begitu dalam. Saya melihat begitu banyak Ikan BESAR, tapi yang saya heran kenapa tidak banyak orang yang melihat atau bahkan menangkapnya. Dalam dua kali mimpi yang saya alami, saya begitu takjub dan gembira karena Alloh memberikan karunia saya kesempatan untuk melihat ikan yang BESAR itu, bahkan menangkapnya. Sebulan yang lalu, mimpi itu laksana mendatangi saya. Saya berada dipinggir Murray river di Goolwa, sebuah sungai yang berarus deras yang katanya banyak ikan besarnya…tapi yang mengherankan tidak banyak orang yang memancing. Hari itu hanya 3 kelompok orang (termasuk kelompok kami) yang memancing, padahal hari itu adalah hari Minggu.

Angin kencang, disertai hujan yang deras dan kadang-kadang berhenti membuat kami seringkali berlari berteduh. Satu jam pertama….teman saya telah beberapa kali memperoleh ikan yang cukup besar, Pak Ukar-senior kami di South Australia- beberapa kali telah menangkap ikan yang besar juga. Satu jam..Mulia-anak saya yang pertama-mulai tidak sabar. “Daddy, why you have no fish??”…”They got many fish!”…Saya tersenyum kecut, menenangkan anak saya. “Mulia…just be patient…do you want fish?” tanya saya. “Yes daddy!”, jawabnya. “Okay..now you help me, PRAY to Alloh ask fish for us!” kata saya memberinya harapan.

Pancing saya belum juga menangkap ikan meski telah beberapa kali berpindah lokasi. Nggak tahu kenapa, dalam hati saya, saya yakin hari itu saya PASTI pulang membawa ikan. Saya yang nggak bisa mancing, bahkan mengikatkan pancing dan pemberat saya harus minta tolong…bahkan yang lebih parah lagi melempar pancing ke tengah sungai pun masih minta diajari :)

Percaya atau tidak, siang itu ditengah menunggu kail…saya mulai berdoa dalam hati bahkan membaca beberapa ayat Al Qur’an dan doa dalam Al Qur’an…dalam hati saya berkata “Ya Alloh…Engkaulah pencipta dan pemilik alam semesta ini, Engkaulah yang mengatur setiap gerak makhlukMu, Engkau pulalah yang membagi rizqi…hamba mohon padaMu ya Alloh, gerakkanlah ikan-ikan untuk memakan kail hamba, mohon karuniakanlah hamba Keberuntungan, ijinkan hamba membawa pulang ikan siang ini…amiiin”
Percaya atau tidak, hanya sesaat setelah doa dalam hati itu saya panjatkan (entah mekanisme apa yang terjadi) tiba-tiba saja saya ingin menarik kail saya, dan tiba-tiba saja saya rasakan kail saya berat..berat dan bergerak. Saya tarik kail saya sambil berteriak kegirangan memanggil anak dan isteri saya. Saya ingin anak saya gembira melihat ikan yang saya tangkap sebelum mungkin ikan itu lepas dari kail saya. Entah kenapa ikan yang luar biasa besar itu ‘manut’ saja saya tarik hingga ke pinggir sungai, hingga teman saya dengan mudah menangkapnya dengan jaring. Ikan pertama yang saya tangkap hari itu. Seekor ikan yang BESAR yang nggak habis dimakan kami hingga 1 minggu. Kejadian itu tiba-tiba mengingatkan dan menancapkan keyakinan saya bahwa dalam hidup di dunia ini TERDAPAT MEKANISME NON-FISIK YANG JUGA¬† BERLANGSUNG = DOA MEMOHON KEPADA ALLOH Zat Tunggal, Sumber dari segala Sumber, Pencipta & Pengatur Alam Semesta!

Saya lanjutkan kembali cerita mancing saya…
Berikutnya saya semakin semangat untuk melempar kail kembali. Kali ini saya mulai berlatih melempar sendiri dan hasilnya nggak begitu mengecewakan, kail dapat saya lempar jauh ke tengah sungai.

Hikmah yang lain kembali saya terima:
3 kali seingat saya tali kail saya PUTUS saat menarik ikan yang telah memakan kail saya, dan satu kali IKAN BESAR Lepas hanya saat akan dijaring. Huuuh!…disitu saya sadar, REJEKI = hanyalah sesuatu nikmat yang benar-benar sudah ditangan dan bisa kita Nikmati, bukan hanya ditangan tapi kemudian terlepas lagi…he..he..he..jadi ingat ‘candaan’ rizqi Grant Ristek 500 juta yang sempat ‘akan’ saya peroleh, tetapi kemudian lepas karena saya tidak bisa pulang dari Arab dan saya sbg peneliti 1 tidak bisa mempresentasikan penelitian saya :)

Yang finally membuat saya bahagia adalah hari itu setelah berusaha (ikhtiar) memancing selama kurang lebih 4 jam: 2 Ikan Besar kami peroleh…Alhamdulillaaah disini kembali kami diajari untuk Bersyukur, bukan menyesali ikan-ikan yang terlepas (yang memang bukan rejeki kami) tetapi Focus pada Rizqi yang sudah Pasti diberikan kepada kami…2 Ikan Besar yang tidak habis kami makan seminggu penuh :)¬† Nah Looo diberi 2 aja udah nggak habis-habis, gimana kalo diberi banyaaak …Alhamdulillaaaah

Jadi sekali lagi ..Hikmah hidup ini memantapkan saya, bahwa KEBERUNTUNGAN itu ADA, bahwa Mekanisme dan Kekuatan DOA itu ADA…bahwa ALLOH itu Maha Kuasa.
Saya yang sama sekali Tidak Pinter Memancing bisa memperoleh Ikan Lebih banyak dan Lebih besar dari orang lain yang mungkin lebih pinter memancing.
Saya yang kalah pinter dengan banyak orang, (Alhamdulillaah) bisa memperoleh beasiswa lebih banyak dari banyak orang yang jauh lebih pinter dari saya.
Sekali lagi, saya percaya Ada Mekanisme Hukum Alam Phisik dan ada Mekanisme Hukum Alam Non-Phisik…keduanya berjalan didunia ini.

About these ads

10 Responses

  1. alhamdulilah mas tony, satu lagi kayaknya yang bisa diambil pelajaran: menjadi finalis turnamen tenis terbuka se Australia Selatan, tampaknya juga didorong oleh ‘mekanisme hukum alam non phisik’ via doanya tuh…

    • ha..ha..ha…ALhamdulillaah lho mas Yusuf, pagi ini Menang jadi Juara tenis ‘tak-terbuka’ se Australia Selatan :)) lha wong yang hebat2 nggak turun gunung ;) ..doa saya gimana ya sebelumnya “Ya Alloh..mudah2an lawan tenis saya kasihan dengan saya…menangkanlah saya ya Alloh..amiin” :) terbukti ma’bul :)

  2. pak tony,

    saya tidak sengaja menemukan posting bapak di milis beasiswa. sangat mengilhami dan menginspirasi sy, akhirnya saya re-post di blogs sy (mohon ijin ya).

    terima kasih ya pak untuk inspirasinya..alhamdulillah setelah ikhlas, sy dipanggil untuk interview chevening…hasil belum keluar sih tp sy sudah tawakkal, insya allah hasilnya akan yang terbaik..doakan saya ya :)

  3. doa di dalam al_quran nya terdapat dalam surat apa?

    • Mbak Rina, salah satunya doa “Robbishrohli shodri wayassirli amri wahlul uqdatan millisaani yafqohu qouli” Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 27)..Doa Nabi Musa “Presentasi” menghadapi ‘Raja Dunia’ saat itu (Fir’aun) :)

  4. eleh ikan macam tu saya boleh tangkap

  5. NGOMONG2….. UMPANNYA APA YA……., APA ADA DI INDONESIA…..

  6. alhamdulillah mas, dapat hikmah dari hobby, dan cerita bermotivasi

  7. Alhamdulillah, nambah pengalaman mancing, dan keteguhan hati bahwa semua milik Allah,SWT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: